Ashar Daftar Caleg Dapil II, Pengalaman Organisasi Jadi Modal

Kabupaten Bima, Kahaba.-  Punya segudang pengalaman dalam berorganisasi dan semangat untuk memperjuangkan hak rakyat di level kebijakan, menjadi motivasi yang mendorong Ashar S Yaman membulatkan tekad maju sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) atau DPRD Kabupaten Bima Dapil II.

Ashar S Yaman. Foto: Yadien

Pemuda kelahiran Desa Sondosia Kecamatan Bolo ini memilih Partai Gerindra sebagai kendaraan politik untuk merebut kursi DPRD di Dapil II yang meliputi Kecamatan Bolo dan Madapangga. Kebetulan Ashar juga tercatat sebagai Ketua PAC Partai Gerindra Kecamatan Bolo.

Ashar bukanlah pemuda biasa. Sederet pengalaman organisasi pernah digelutinya. Diantaranya, mulai dari menjabat sebagai Ketua Forum Komunikasi dan Diskusi (FKD) Malang pada tahun 2000, pendiri Ikatan Mahasiswa Bima (IMBI) Universitas Islam Malang pada tahun yang sama.

Tahun 2001- 2002 ia dipercaya sebagai Sekertaris Pelaksana Orientasi Pendidikan Mahasiswa Islam Malang. Tahun 2001 hingga 2003 menjabat sebagai Stering Komite Latihan Dasar Kepemimpinan (LKD) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang. Tahun 2002 menjadi pendiri  Forum Komunikasi Lintas Organisasi Daerah (ORDA).  Pada tahun yang sama juga menjadi Ketua Pelaksana Seminar Nasional dengan tema Bima Mau Dibawa Kemana.

Belum puas berorganisasi saat kuliah, setelah menyandang gelar Sarjana Ekonomi, Ashar pulang ke kampung halaman dan mendirikan Ikatan Pemuda Pelajar Sondosia (IPPS) tahun 2003. Kemudian mendirikan Ikatan Pemuda Pelajar dan Rato (IPPR) tahun 2004,  mendirikan Forum Kesenian Rakyat Bima tahun 2005, mendirikan Yayasan Nusa Raya Mandani 2005.

Lalu mendirikan Lembaga Keuangan Pembiayaan dan Pendanaan Usaha Mikro tahun 2007. Unsur pendiri Komunitas ISLA tahun 2014 dan Jaringan Madu Hutan Indonesia Bima dan Dompu tahun 2017. Serta mendirikan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) DPC Bima Raya (Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu) tahun 2014.

Pengalaman inilah yang membentuk karakter dan kepribadian Ashar. Lewat organisasi pula ia banyak berkiprah untuk kampung halaman dan mendedikasikan diri untuk masyarakat. Serta membangun jejaring dengan banyak pihak.

Ashar mengaku, pilihan maju ke panggung politik diniatkannya untuk bisa berbuat lebih banyak bagi masyarakat. Sebagai generasi muda, ia percaya sudah saatnya lembaga Legislatif Kabupaten Bima diisi pemuda yang punya ide dan gagasan segar untuk membangun daerah.

“Sudah waktunya yang muda dengan gagasan dan konsep inovatif untuk berada di ruang-ruang kebijakan untuk memperjuangakan hak-hak maryarakat. Di sana saya punya legal standing untuk teriakan hak-hak masyarakat yang sering saya teriakan di jalan-jalan selama ini,” kata dia.

Ashar berharap, dirinya bisa mendapatkan mandat menjadi representasi pemuda maupun masyarakat Kecamatan Bolo dan Madapangga di DPRD Kabupaten Bima Dapil II nanti.

“Saya mohon doa dan dukungan dari masyarakat Kecamatan Bolo dan Madapangga,” ujarnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *