Peringati Hari Kartini dan Hardiknas, PAUD TK Kusuma Bangsa Gelar Festival Busana Daerah

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 21 April dan 2 Mei, PAUD TK Kusuma Bangsa menggelar festival busana daerah nusantara, di gedung Bharata Departement Store, Senin (30/4).

PAUD TK Kusuma Bangsa Saat Festival Busana Daerah. Foto: Istimewa

Kegiatan yang mengangkat tema “Bekali Generasi Pendidikan dengan Nilai Pendidikan  dan Budi Pekerti yang Luhur” berlangsung dengan penuh meriah dalam suasana keakraban.

“Kegiatan ini bertujuan agar siswa-siswi kita dapat mengetahui sekaligus mengenang dan menghargai jasa R.A. Kartini  dan Ki Hajar  Dewantara yang telah mempelopori, memberikan semangat juang dalam memperoleh pendidikan,” ujar Kepala PAUD TK Kusuma Bangsa Retno Utami.

Melalui peringatan dan mengenang 2 tokoh nasional tersebut kata dia, maka dapat membangkitkan semangat para pelajar untuk terus belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh. Meraih apa yang telah diinginkan, sehingga bisa menjadi generasi yang berguna untuk bangsa.

“Setiap anak bangsa berhak memperoleh dunia pendidikan dan pengajaran yang baik dan layak, sesuai dengan amanat undang-undang. Sehingga dapat memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan, sebagai bekal pengabdian dalam berjuang membangun masyarakat, bangsa dan negara,” paparnya.

Untuk mengenang jasa para pahlawan tersebut, tutur wanita kelahiran Surabaya tersebut. Maka pihaknya menyelenggarakan festival busana daerah bagi seluruh siswa-siswi setempat, agar lebih mengetahui tentang adat, istiadat serta pakaian khas sesuatu daerah. Sehingga siswa dapat mengetahui, bahwa negara Indonesia memiliki ribuan ragam seni dan budaya.

“Dengan lomba busana daerah, kami ingin menanamkan rasa cinta siswa-siswi akan nilai-nilai budaya dan busana daerah, sebagai salah satu kekayaan dan aset bangsa yang tersimpan. Sekaligus untuk mengedukasi anak-anak sejak dini, agar menjaga dan melestarikan budaya bersama,” tandasnya.

Pantauan media dalam festival tersebut, tampak siswa-siswi bersemangat mengikuti seluruh rangkaian acara hingga selesai. Bahkan orangtua walimurid sangat gembira, melihat aksi putera-puterinya yang memukau menggunakan busana setiap daerah yang diwakilkan.

*Kahaba   

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *