Dam Roka Akan Dikembangkan Jadi Lokasi Wisata Desa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dam Roka yang berlokasi di Desa Roka Kecamatan Belo tak saja menjadi penyangga irigasi pertanian masyarakat di Desa Roka dan beberapa desa sekitar. Dam yang dibangun sekitar tahun 1980-an ini juga memiliki daya tarik wisata.

Dam Roka. Foto: Ady

Peluang inilah yang mulai dilirik masyarakat dan Pemerintah Desa Roka untuk dikelola menjadi potensi wisata. Selain didukung pemandangan eksotik, Dam Roka juga merupakan lokasi pemancingan ikan favorit bagi masyarakat.

“Angka kunjungan warga di Dam Roka setahun terakhir meningkat signifikan. Ini yang menjadi dasar kami mendorong Dam Roka jadi obyek wisata desa,” kata tokoh pemuda Desa Roka Syahid, Selasa (1/5) sore.

Bersama para pemuda peduli Dam Roka lainnya, Syahid telah menyampaikan keinginan itu ke pemerintah desa agar mengembangkan dam sebagai obyek wisata lokal. Masukan itu disambut baik pemerintah desa.

Sedikit demi sedikit kata dia, kawasan dam sudah mulai ditata oleh pemerintah desa untuk menangkap peluang tersebut. Beberapa sarana pendukung juga dibangun. Sementara pemuda, membaca peluang itu untuk menambah uang saku dengan membuka kedai kopi di areal bawah dam.

Selain itu, masyarakat mengusulkan juga ada wahana air di dam untuk disewakan ke pengunjung, sarana pemancingan ikan dan bisnis ikan bakar.

“Ini bisa menjadi PADes yang menjanjikan kalau dikelola dengan baik,” ujarnya.

*Kahaba-03

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *