Sekda Lepas 289 Siswa SMKN 1 Kota Bima

Kota Bima, Kahaba.- Sekda Kota Bima H Muhtar Landa melepas kepergian 289 putra-putri SMKN 1 Kota Bima, untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Acara pelepasan digelar di halaman sekolah setempat, Kamis (3/5) dan dihadiri Kepala BPKAD Kota Bima Zainuddin, Ketua Panitia wisuda SMKN 1 Gunawan, serta ratusan walimurid.

Acara pelepasan siswa SMKN 1 Kota Bima. Foto: Eric

“Selamat kepada seluruh siswa, kalian telah berhasil menamatkan studi selama 3 tahun dengan menempuh setiap jenjang program pendidikan. Ini langkah awal kalian untuk terus belajar dan meraih cita-cita yang diinginkan,” ujar H Muhtar.

Setelah keluar dari lembaga pendidikan yang telah mengajar dan mendidik, kata Muhtar, maka tugas pelajar belum berakhir. Karena perjalanan untuk meraih kesuksesan masih panjang dan berliku. Pada pendidikan di dunia perkuliahan nanti, ia berharap siswa SMKN 1 tetap menjadi pribadi baik. Rajin, disiplin, terus kembangan kemampuan serta tidak lupa berdoa.

“Kalian merupakan generasi bangsa yang akan menjadi penerus bagi kami, maka kedepan jangan hanya menjadi penonton saja. Tapi harus bisa mengukir prestasi dan terus meningkatkan ilmu pengetahuan,” pesannya.

Mantan pegawai TU SMKN 1 itu menceritakan, ada sejarah yang menjadi tempat dirinya belajar yang tidak bisa dilupakan. Dulu sewaktu menjadi pelajar, terdapat beberapa pelanggaran yang dilakukan, sehingga dihukum oleh guru setempat.

Dulu, bila ada siswa yang melanggar aturan sekolah. Akan diberikan samacam pembinaan yang cukup keras dari guru, dan itu menjadi memori yang tidak bisa dilupakan. Tapi didikan waktu itu, justeru menjadi cambuk untuk terus belajar dengan disiplin serta menghargai tugas guru yang sangat mulia.

“Tapi untuk jaman now terjadi pergeseran yang luar biasa. Bila ada kasus siswa di jewer saja kupingnya sedikit, langsung lapor ke orang tua dan kemudian diteruskan ke kepolisian,” tuturnya.

Padahal bila dicermati dengan baik, hukuman pembinaan dari guru itu bukan berniat melukai siswa. Tapi mengingatkan bahwa ada tugas sebagai siswa yang telah dilanggar, sehingga diberikan semacam pembinaan.

Sebelum itu, Ketua Panitia perpisahan SMKN 1 Kota Bima Gunawan dalam laporannya menyampaikan, ada 289 siswa yang dinyatakan lulus. Dari jumlah itu, ada 5 wisudawan terbaik dari masing-masing jurusan. Diantaranya Hendra Wirawan, Apriliana Susanti, Miftahul Rahman, Muhammad Firdaus dan Khusnul Khatimah. Mereka merupakan lulusan dari jurusan Teknik komputer dan jaringan, kemudian akutansi, administrasi perkantoran, pariwisata dan tataniaga.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *