KSR PMI STISIP Gelar Donor Darah

Kota Bima, Kahaba.- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) KSR PMI Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima menggelar donor darah di aula Mahasiswa dan Alumni, Selasa (8/5). Kegiatan dengan tema “Tak Usah Mengangkat Belati untuk Menjadi Pahlawan, Cukup Setetes Darah yang Mewakilimu Menjadi Seorang Pejuang” tersebut merupakan program tahunan yang sudah dilaksanakan sebanyak 10 kali.

KSR PMI STISIP saat menggelar kegiatan donor darah. Foto: Deno

Ketua Panitia Adyan Reza Saputra menjelaskan, kegiatan tersebut dikaksanakan selama 2 hari. Mulai hari Senin – Selasa. Selain bekerja sama dengan pihak RSUD Bima, pihak lain yang ikut berpastipasi adalah Digital Printing, FIF Group, Hokki Mart, PMI Kota, kabupaten, Lam – Lam,  BKKBN, Bank NTB dan Toko SMA Yes serta dukungan penuh dari Lembaga Kampus STISIP Mbojo Bima.

“Para pendonor berasal dari mahasiswa, pelajar, pegawai pemerintah hingga masyarakat umum,” ujarnya.

Kata Aditya, darah yang didonorkan tersebut akan dibawa pihak RSUD Bima. Karena RSUD punya alat penyimpanan hingga pengolahan darah yang akan disiapkan untuk para pasien yang membutuhkannya.

“2 hari ini sekitar 100 orang yang datang menyumbangkan darah,” ungkapnya.

Sementara itu Humas RSUD Bima H Sucipto menjelaskan, darah tersebut sebelum diberikan pada pasien harus diolah dan disaring terlebih dahulu. Sementara penyakit yang perlu diperhatikan dan diperiksa dalam darah tersebut adalah penyakit Hepatitis B, Hepatitis C, HIV/AIDS.

“Setiap pasien umum yang membutuhkan darah tetap membayar biaya pengolahan dan penyaringan darah. Sedangkan pasien BPJS akan mendapatkannya secara gratis,” tuturnya.

*Kahaba-05

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *