LPDU Bolo Bahas Tantangan Problematika Dakwah dan Umat

Kabupaten Bima, Kahaba.- Lembaga Perhimpunan Da’i dan Ulama (LPDU) Kecamatan Bolo menggelar rapat konsolidasi dan pembinaan Da’i dan Ulama di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Madinah Desa Kananga, Senin (14/5). Kegiatan yang diikuti oleh tokoh ulama dan seluruh da’i di Kecamatan Bolo tersebut membahas problematika dakwah dan umat.

Rapat konsolidasi dan pembinaan Da’i dan Ulama. Foto: Yadien

Ketua LPDU Bolo Abubakar H Abdullah mengatakan, kegiatan itu bertujuan memberikan pembekalan terhadap para ulama dan da’i. Sekaligus untuk mendata semua ulama dan da’i yang mengisi semua masjid di Kecamatan Bolo selama bulan Ramadhan. “Karena nanti ulama dan da’i kita akan ceramah di seluruh masjid se-Kecamatan Bolo,” ujarnya.

Dirinya berharap, usaha dan ikhtiar yang dilakukan LPDU saat ini efektif dalam memberikan siraman rohani kepada masyarakat. Sehingga harapan untuk mewujudkan masyarakat yang berakhlaqul qorimah bisa terwujud nyata.

Ustadz H Taufiqurrahman yang menjadi pemateri saat itu menyampaikan, ada dua tantangan yang dihadapi ulama saat ini yang menjadi problematika yakni eksternal dan internal. Meski demikian, dalam dakwah tidak boleh berkecil hati dan kecewa jika berhadapan dengan tantangan.

“Jika tidak, maka dakwah itu perlu dipertanyakan apakah sudah benar dakwah kita saat ini. Sebab nilai dakwah itu terkandung nilai kejujuran, keadilan, kebenaran,” paparnya.

Dalam berdakwah pula kata dia, tidak boleh memiliki target yang tendensius. Sebab yang menjadi kewajiban pendakwah yaitu berusaha berdakwah dengan tulus dan ikhlas. “Kalau urusan hasilnya Allah SWT yang menentukan,” urainya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *