Kabar Bima

Tangani Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 60 Ribu Liter Air

220
×

Tangani Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 60 Ribu Liter Air

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima terus menanggulangi krisis air bersih yang terjadi disejumlah wilayah. Sebab, air menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang harus terpenuhi setiap saat.

Tangani Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 60 Ribu Liter Air - Kabar Harian Bima
BPBD saat menyalurkan air bersih di sejumlah desa. Foto: Dok Dinas Kominfostik Kabupaten Bima

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima H Taufik Rusdy mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dalam beberapa pekan terakhir telah menyalurkan air bersih di beberapa Kecamatan seperti Woha, Bolo dan Madapangga.

Tangani Krisis Air Bersih, BPBD Salurkan 60 Ribu Liter Air - Kabar Harian Bima

Pada 3 Kecamatan tersebut, sejumlah desa terdampak kekeringan dan mendapatkan pasokan air bersih yang dikirim melalui armada mobil tangki BPBD Bima dan 1 unit bantuan armada mobil dari BPBD Provinsi NTB.

“TRC melakukan dropping air di Desa Samili, Kalampa, Waduwani, Sanolo dan Desa Rade,” sebutnya Kamis (12/7), melalui siaran pers yang disampaikan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima.

Kata Taufik Rusdi, sampai tanggal 12 Juli 2018, pihaknya sudah menyalurkan kurang lebih 60 ribu liter air. Armada TRC Penanggulangan Bencana akan terus menyalurkan air bersih ke desa lain yang terdampak kekeringan.

Dirinya pun berharap agar pemerintah desa dan Kecamatan terus melakukan koordinasi intensif berkaitan dengan penanggulangan bencana kekeringan. Harapannya juga bisa melakukan upaya perbaikan dan menjaga fasilitas air bersih di masing-masing desa.

“BPBD tidak selamanya mampu terus menyalurkan air bersih mengingat keterbatasan kemampuan yang ada,” tandasnya.

*Kahaba-01