oleh

Kerjasama Lakpesdam dan Dukcapil, Warga Tambora Dapat Layanan Adminduk

-Kabar Bima-Dibaca 1 kali

Kabupaten Bima, Kahaba.- Lakpesdam NU Kabupaten Bima bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bima kembali melaksanakan layanan administrasi kependudukan (adminduk) untuk pemenuhan indentitas legal warga Kecamatan Tambora.

Kerjasama Lakpesdam dan Dukcapil, Warga Tambora Dapat Layanan Adminduk
Suasana pelayanan adminduk di Kecamatan Tambora. Foto: Ist

Koordinator Tim Program Peduli Lakpesdam NU Kabupaten Bima Abdul Haris mengatakan, layanan adminduk dipusatkan di Kantor Kecamatan Tambora. Penerima layanan yang terlibat berasal dari 7 desa di Kecamatan Tambora. Yakni dari Desa Oi Bura, Labuan Kananga, Kawinda Na’e, Rasabou, Oi Panihi, Kawinda To’i dan Oi Katupa

“Layanan adminduk dilaksanakan selama 2 hari dan ditargerkan khusus untuk warga Tambora yang belum memiliki identitas legal,” terangnya, Minggu (29/7) pagi.

Diakuinya, pelayanan jemput bola bersama Dinas Dukcapil Kabupaten Bima sudah beberapa kali dilakukan. Hanya saja, masih ada sebagian warga yang belum memiliki kelengkapan persyaratan sehingga terkendala.

“Jumlah warga yang sudah dilayani kemarin, untuk KTP sebanyak 121 lembar, Kartu Keluarga 90 lembar dan Akta Kelahiran 75 lembar,” sebutnya.

Setelah terpenuhi identitas legal kependudukan lanjut dia, rencananya dalam waktu dekat Lakpesdam NU akan melanjutkan dengan kegiatan isbat nikah di Tambora untuk menerbitkan buku nikah sebagian warga. Untuk mendukung kegiatan ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kemenag dan Pengadilan Agama Bima.

“Kendala isbat nikah warga selama ini karena belum punya identitas legal sebagai syarat. Makanya kita lakukan layanan adminduk duluan sehingga semua bisa terlayani dalam kegiatan isbat nikah nanti,” jelasnya.

*Kahaba-03

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru