Kabar Bima

Desa Nipa Realisasikan 3 Program Prioritas Kemendes

450
×

Desa Nipa Realisasikan 3 Program Prioritas Kemendes

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Untuk mendukung percepatan pembangunan desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) telah menetapkan 4 program prioritas. 4 program tersebut yakni pengembangan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun Embung air desa, mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan membangun Sarana Olahraga Desa (Raga Desa).

Desa Nipa Realisasikan 3 Program Prioritas Kemendes - Kabar Harian Bima
Kepala Desa Nipa Mahfud MD. Foto: Ady

Dari 4 program prioritas ini, 3 diantaranya telah direalisasikan Pemerintah Desa Nipa Kecamatan Ambalawi. Tentu saja ini capaian yang menggembirakan bagi Pemerintah Desa Nipa untuk mewujudkan kemajuan desa.

Desa Nipa Realisasikan 3 Program Prioritas Kemendes - Kabar Harian Bima

“3 program prioritas yang sudah kita realisasikan itu yakni BUMDes, Embung dan Raga Desa,” kata Kepala Desa Nipa Mahfud MD, Rabu (8/8).

Untuk BUMDes jelasnya, sudah mulai direalisasikan sejak tahun 2016 dengan dukungan anggaran awal Rp 35 juta. Kemudian berturut-turut tahun 2017 dialokasikan Rp 60 juta dan tahun 2018 dialokasikan Rp 100 juta.

“Kalau untuk lapangan atau sarana olahraga akan dikerjakan pada anggaran 2018 tahap II. Sementara Embung Desa sudah dikerjakan melalui anggaran 2018 tahap I,” terangnya.

Realisasi 3 program ini jelas Mahfud, sesuai prioritas Kemendes yang digariskan dalam Permendes No 22 tahun 2017. Sedangkan untuk prioritas keempat Prukades akan menjadi target selanjutnya untuk direalisasikan.

“Mudah-mudahan tahun ini kita bisa menuntaskan 4 program prioritas Kemendes tersebut,” harapnya.

*Kahaba-03