Kabar Bima

PAUD Rofiah Gelar Diklat Guru Pendamping Muda

208
×

PAUD Rofiah Gelar Diklat Guru Pendamping Muda

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Guna meningkatkan kualitas dan kompetensi guru PAUD, PAUD Rofiah Kecamatan Bolo menggelar Diklat Guru Pendamping Muda (Diklat Berjenjang Tingkat Dasar) Pendidikan PAUD Kabupaten Bima, di Aula Kampus Vokasi Unram Kecamatan Bolo, Senin (27/8).

PAUD Rofiah Gelar Diklat Guru Pendamping Muda - Kabar Harian Bima
Diklat Guru Pendamping Muda. Foto: Yadien

Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Direktorat PGTK PAUD, Dikmas Ditjen GTK Kemendikbud RI dan Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima.

PAUD Rofiah Gelar Diklat Guru Pendamping Muda - Kabar Harian Bima

Plt. Kadis Dikbudpora Kabupaten Bima H Makruf mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada tenaga pendidik PAUD, agar kedepannya bisa memberikan rangsangan secara optimal bagi siswa didik sekaligus menjadi generasi cerdas.

“Karena pendidik PAUD juga perlu pengetahuan dan keterampilan yang diperbaharui,” ujarnya.

Kata dia, diklat tersebut diikuti 160 orang tenaga pendidik PAUD dan berlangsung selama 2 hari. Hari ini, diikuti sebanyak 80 orang. Sedangkan hari berikutnya akan diikuti oleh 80 orang peserta.

“Materi yang disampaikan antara lain konsep dasar PAUD, perkembangan anak usia dini, cara belajar anak usia dini, kesehatan dan gizi PAUD,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri dalam sambutannya mengatakan, tenaga pendidik harus berperan aktif membentuk generasi berkarakter, guna mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045. Karena harapan itu ada di tangan tenaga pendidik sebagai garda terdepan yang selalu beradaptasi langsung dengan anak usia dini.

“Salah satu upaya penting untuk memacu mutu PAUD adalah meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidik termasuk tenaga kependidikan,” paparnya.

Menurut dia, pendidikan dan stimulasi yang diberikan bagi anak usia dini sangat berdampak positif terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak, sebagai generasi pemimpin masa depan bangsa secara khusus di Kabupaten Bima.

“Harapanya, apa yang didapat saat ini harus diterapkan dalam mendidik anak usia dini,” tukasnya.

*Kahaba-10