Kabar Bima

Baznas Bolo Bagi Zakat Kepada 613 Warga

260
×

Baznas Bolo Bagi Zakat Kepada 613 Warga

Sebarkan artikel ini

Kabupatene Bima, Kahaba.- Baznas Kecamatan Bolo membagikan zakat kepada 613 warga yang berhak menerimanya, di aula Kantor Camat Bolo, Selasa (28/8). Acara pembagian zakat tersebut dihadiri Ketua Baznas Kabupaten Bima, Ketua Baznas Kecamatan Bolo dan Camat Bolo.

Baznas Bolo Bagi Zakat Kepada 613 Warga - Kabar Harian Bima
Suasana pembagian zakat oleh Baznas Kecamatan Bolo. Foto: Yadien

613 warga tersebut terdiri darin Fakir Miskis, Mualaf, Fisabilillah, lembaga-lembaga pemerintahan, dan Ibnusabil yang ada di Kecamatan Bolo. Masing-masing penerima zakat mendapatkan Rp 150 ribu per orang.

Baznas Bolo Bagi Zakat Kepada 613 Warga - Kabar Harian Bima

Ketua Baznas Kabupaten Bima Abubakar menyampaikan, dalam rangka pengumpulan zakat pihaknya telah memberikan SK kepada UPJ Kecamatan Bolo agar mengkoordinir zakat yang ada di desa.

“Dari dana ZAKAT yang terkumpul, Baznas Kabupaten Bima hanya menerima 50 persen, sementara sisanya ada di Baznas Kecamatan untuk dibagikan,” ujarnya.

Kata Abubakar, zakat yang dibagikan merupakan hasil dari pengumpulan zakat fitrah dan zakat mal warga Kecamatan Bolo pada tahun 2018. Zakat kemudian dibagikan lagi kepada yang berhak.

Ia membeberkan, jumlah zakat yang terkumpul di Kecamatane Bolo pada tahun ini berkurang dari jumlah zakat yang dikumpulkan pada tahun-tahun sebelumnya. Itu disebabkan banyaknya warga yang membayarkan zakat tidak melalui pemerintah desa atau Baznas.

“Biasanya diperingkat ketiga banyaknya zakat di Bolo, sekarang Bolo berada di tingkat ke-9,” bebernya.

Dirinya mengimbau agar pada tahun-tahun berikutnya, warga membayar zakat melalui pemerintah desa atau kepada Baznas.

*Kahaba-10