Kabar Bima

Rekrutmen CPNS 2018 Resmi Dibuka September, Ini Jumlah Formasinya

394
×

Rekrutmen CPNS 2018 Resmi Dibuka September, Ini Jumlah Formasinya

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara atau Kementerian PANRB resmi membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Pengumuman pendaftaran dipastikan pada September ini.

Rekrutmen CPNS 2018 Resmi Dibuka September, Ini Jumlah Formasinya - Kabar Harian Bima
Ilustrasi

Menteri PANRB Syafruddin mengatakan, pendaftaran CPNS ini dibuka sebanyak 238.015 formasi. Jumlah ini terdiri dari 51.271 untuk instansi pusat yakni kementerian atau lembaga. Serta sebanyak 186.744 untuk instansi daerah.

Rekrutmen CPNS 2018 Resmi Dibuka September, Ini Jumlah Formasinya - Kabar Harian Bima

“Jumlah tersebut masih bisa bertambah sekitar 8.000 menjadi 246.015 jika memasukan formasi bagi instansi yang menggunakan ikatan dinas,” kata Syafruddin saat mengelar konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (6/9) seperti dilansir tempo.co.

Seluruh formasi tersebut nantinya dibuka untuk 76 kementerian atau lembaga dan 525 pemerintah daerah. Kemudian dalam rekrutmen ini pemerintah masih menggunakan moratorium atau menggunakan prinsip zero minus growth. Artinya, pemerintah tidak membuka lowongan baru untuk CPNS tetapi hanya mencari pengganti bagi pegawai yang telah pensiun atau mengundurkan diri.

Namun kata Syafruddin, prinsip tersebut dikecualikan untuk formasi guru mata pelajaran termasuk guru madrasah, dosen, tenaga kesehatan seperti perawat dan juga tenaga pembangunan teknik infrastruktur untuk daerah. Sebab keberadaan mereka masih sangat dibutuhkan untuk saat ini.

Adapun peruntukan instansi pusat terdiri dari jabatan inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, guru madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten dan kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Sedangkan peruntukan instansi pemerintah daerah terdiri dari guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi, guru agama sebanyak 8.000 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis atau Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Negara atau BKN Bima Haria Wibisana mengatakan saat ini pendaftaran CPNS masih akan menunggu persiapan dari pemerintah daerah. Menurut Bima masih ada sebanyak 25 hingga 26 daerah kabupaten dan kota yang kini masih menyusun persiapan secara administratif.

Namun ia memastikan, persiapan pemerintah pusat saat ini sudah siap seluruhnya. “Estimasi kami tanggal 16-20 September 2018, tapi mungkin bisa mundur. Targetnya sekitar tanggal 20an lah,” kata Bima.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Kasubag Humas Zainudin yang dimintai informasi soal pengajuan CPNS belum bisa memastikan apakah tahun ini Pemerintah Kabupaten Bima mendapat jatah atau tidak.

“Penyampaian Pak Sekda kemarin masih dikoordinasikan dengan pemerintah pusat. Secara teknisnya bisa hubungi BKD,” jelasnya.

*Kahaba-03