Kabar Bima

166 KK di Desa Kombo Dapat Pemasangan Listrik Gratis

285
×

166 KK di Desa Kombo Dapat Pemasangan Listrik Gratis

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba,- Terhitung mulai tahun 2016 sampai 2018, sebanyak 166 Kepala Keluarga (KK) di Desa Kombo dapat bantuan pemasangan listrik gratis dari pemerintah desa melalui dana desa dan bantuan dari pemerintah Provinsi NTB.

166 KK di Desa Kombo Dapat Pemasangan Listrik Gratis - Kabar Harian Bima
Sekertaris Desa Kombo Suhardin. Foto: Firman

Program ini merupakan realisasi dari visi  Kepala Desa Kombo Bunyamin yang saat ini telah berakhir masa jabatannya, sehingga pelaksanaan program untuk 2018 dilaksanakan oleh penjabat kepala Desa.

166 KK di Desa Kombo Dapat Pemasangan Listrik Gratis - Kabar Harian Bima

Sekertaris Desa Kombo Suhardin mengatakan,  pada tahun 2018 sebanyak 86 kepala keluarga mendapatkan bantuan pemasangan listrik gratis, dananya bersumber dari APBDes tahun 2018.

“Program ini merupakan lanjutan dari tahun-tahun sebelumnya. Meteran yang dipasang berbasis kebutuhan rumah tangga, 450 sampai 900 Volt,” sebutnya, kemarin.

Di tahun 2017 kata Ardi, telah dipasang sebanyak 45 unit yang dananya juga dari dana desa. Sementara itu, sebanyak 35 unit yang dipasang pada tahun 2016 bersumber dari Pemerintah Provinsi NTB, diperjuangkan oleh Kades pada saat itu.

Dijelaskannya, untuk pengunaan dana desa dalam pemasangan listrik ini termuat dalam RPJMDes Desa Kombo maupun RKPDes yang disusun oleh kepala desa sebelumnya. Bantuan pemasangan listrik ini berdasarkan kebutuhan, dimana masih banyak masyarakat yang belum mandiri menikmati listrik, satu meteran digunakan lebih dari satu kepala keluarga.

“Sehingga dengan program ini, paling tidak pada tahun 2018 masyarakat sudah dapat menikmati listrik secara mandiri,” katanya.

Disamping itu tambahnya, juga terhadap masyarakat penerima bantuan ini pihaknya sosialisasikan supaya dapat mengunakan listrik dengan bijak, supaya juga tidak membebani mereka dengan biaya tagihan.

*Kahaba-08