Dinas Kominfo Sosialisasi Pembuatan Website Portal Pemkot Bima

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima menggelar sosialisasi website portal Pemerintah Kota Bima dan integrasi sistem informasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berbasis website, di Aula Kantor Walikota Bima, Senin (17/9).

Sosialisasi Pembuatan Website Portal Pemkot. Foto: Dok Hum

Sosialisasi dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Kota Bima HM Farid. Peserta berjumlah 68 orang utusan masing-masing OPD. Sementara narasumber berasal dari tim IT Diginet Media Jogja dan tenaga ahli Dinas Kominfo Kota Bima.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bima Supawarman pada laporannya menyampaikan, sosialisasi bertujuan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi pada masing-masing OPD, sekaligus menyampaikan keluhan atau masukan kepada pemerintah daerah dengan cepat. Sehingga tingkat kuantitas dan kualitas layanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

“Selain itu, pemerintah daerah bisa mengetahui secara cepat permasalahan di wilayahnya dan mencari solusinya, serta dapat langsung memantau kinerja OPD, camat dan lurah se – Kota Bima,” ujarnya.

Kemudian, Asisten I dalam sambutannya menyampaikan, pengembangan teknologi informasi telah menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Kota Bima sebagai bagian dari upaya mewujudkan Kota Bima sebagai smart city.

Untuk mendukung hal itu, Pemerintah Kota Bima telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung melalui nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Walikota Bima dan Walikota Bandung pada Bulan Juli 2017 lalu.

Menurutnya, saat ini kebutuhan pelayanan informasi semuanya bersifat online, tidak lagi manual. Oleh karena itu pembuatan website ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

“Misalnya pelayanan di bidang kesehatan, keuangan, perizinan semuanya harus ada di website, supaya informasinya lebih cepat diakses,” katanya.

Selain itu, dalam pengembangan sistem informasi daerah adalah menyangkut ketersediaan data. katanya, dalam pengembangan aplikasi cerdas atau sistem informasi, data yang dibutuhkan adalah data berbasis spasial atau berupa peta. sementara kelemahan kita adalah sebagian besar data yang kita miliki masih berupa data tabular.

“Jadi OPD harus menginput data berupa peta. Misalnya peta wisata kuliner. para pengunjung website tinggal membuka peta yang ditampilkan dalam website, maka akan tampak sebaran lokasi sajian kuliner. Begitu pula dengan lokasi wisata, wisatawan atau masyarakat bisa langsung mengetahui lokasi wisata yang ada di Kota Bima,” papar asisten.

Ia juga mengapresiasi Dinas Kominfo yang menggelar kegiatan sosialisasi ini. Dirinya berharap kepada peserta sosialisasi agar memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, untuk mendapatkan gambaran jelas tentang pembangunan website portal Pemerintah Kota Bima dan integrasi sistem informasi OPD berbasis website.

*Kahaba-01/Hum

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *