Kabar Bima

Bawaslu Kota Bima Ikut Bimtek Penguatan Kapasitas

244
×

Bawaslu Kota Bima Ikut Bimtek Penguatan Kapasitas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas. Kegiatan ini juga diikuti Bawaslu Kabupaten Kota se-Nusa Tenggara Barat di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat, Senin (17/9) hingga Rabu (19/9).

Bawaslu Kota Bima Ikut Bimtek Penguatan Kapasitas - Kabar Harian Bima
Kegiatan peningkatan kapasitas anggota Bawaslu di Hotel Aruna Senggigi Lombok Barat. Foto: Ist

Dalam sambutannya Pimpinan Bawaslu NTB Itratif mengatakan, usai melaksanakan rapat kerja teknis (Rakernis) di Sumbawa, Bawaslu kabupaten kota se-NTB mengikuti Bimtek penguatan kapasitas.

Bawaslu Kota Bima Ikut Bimtek Penguatan Kapasitas - Kabar Harian Bima

Kegiatan ini kata Itratif, sebagai pengenalan atau orientasi seluruh sumber daya manusia yang ada di jajaran pengawasan tingkat kabupaten kota.

“Ini kegiatan perdana bagi SDM paska perubahan status dari Panwaslu menjadi Bawaslu kabupaten kota yang dilantik 15 Agustus 2018 lalu di Jakarta,” katanya.

Menurut Koordinator Divisi SDM dan Organisasi ini, penguatan kapasitas Anggota Bawaslu Kabupaten Kota se-NTB merupakan upaya memberikan informasi, pelatihan dan pemahaman terhadap tugas, kewajiban dan wewenang dalam melasanakan tugas pengawasan.

“Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya dimana hanya fokus di dalam ruangan namun kali ini diawali dengan kegiatan olah raga di luar ruangan,” katanya.

Kegiatan Bimtek juga kata pria yang kerap tampil mengenakan batik ini, sebagai klausul wajib bagi Bawaslu Kabupaten Kota untuk penguatan kapasitasnya.

“NTB ini masuk sebagai daerah tahap kedua untuk kegiatan ini. Sehingga harus dilakukan secepatnya karena ada 8 modul yang harus dibahas dalam bimtek ini,” jelasnya.

Setiap modul lanjutnya, dimulai dari pree test dan diakhiri dengan post test. Bahkan pada ujung kegiatan akan ada penganugerahan peserta terbaik.

Dirinya berharap para peserta mengikuti kegiatan Bimtek dengan baik sehingga mampu menyerap ilmu, informasi dan pengetahuan yang diberikan para narasumber dalam hal ini pimpinan Bawaslu Provinsi NTB.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaimin mengaku, mendapat suntikan dan energi baru dari para pimpinan Bawaslu NTB.

“Ini menjadi modal bagi Bawaslu kabupaten kota dalam melaksanakan tugas dan wewenang kita sebagai bagian dari penyelenggara pemilu,” ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani. Dirinya mengaku bahwa kegiatan Bimtek selama 3 hari yang diikuti anggota Bawaslu kabupaten kota se-NTB memberi warna tersendiri. Karena selain materi yang diberikan, juga rasa kebersamaan dan kekeluargaan bisa terbangun dengan baik.

“Meski kita berasal dari 10 kabupaten kota di NTB ini tapi kita menyatu dalam ikatan keluarga Bawaslu,” ujar Kordiv SDM Organisasi Data dan Informasi Bawaslu Kota Bima.

Sejumlah materi yang terbagi dalam 8 modul, masing-masing disampaikan oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Provinsi NTB. Termasuk Kepala Sekretariat Bawaslu NTB Lalu Rizizvan Arista AP, juga memberikan materi di penghujung kegiatan bimbingan teknis, terkait tata kelola layanan informasi dan komunikasi serta kerjasama antar lembaga.

*Kahaba-03