Kabar Bima

55 Peserta Ikuti Sosialisasi Radio Terpadu Berbasis Internet

210
×

55 Peserta Ikuti Sosialisasi Radio Terpadu Berbasis Internet

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sosialisasi radio terpadu Radio Over Internet Protocol (ROIP) dan Voice Over Internet Protocol (VOIP) di bidang telekomunikasi diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bima, Rabu (19/9) di aula SMK 3 Kota Bima.

55 Peserta Ikuti Sosialisasi Radio Terpadu Berbasis Internet - Kabar Harian Bima
Sosialisasi Radio Terpadu Berbasis Internet. Foto: Dok Dinas Kominfostik Kabupaten Bima

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan H Nurdin yang didampingi Kadis Komunikasi,  Informatika dan Statistik Kabupaten Bima H Abdul Wahab Usman menyampaikan, keluwesan  VOIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasi menjadikannya sebuah sistem komunikasi yang cepat populer di masyarakat

55 Peserta Ikuti Sosialisasi Radio Terpadu Berbasis Internet - Kabar Harian Bima

“Kami berharap, kegiatan sosialisasi VOIP dan ROIP ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan perangkat tersebut secara tertib, efektif dan efisien dalam komunikasi lintas wilayah,” harapnya.

Ketua panitia pelaksana sosialisasi Sofyan Bakri yang juga Kepala Bidang Statistik dan Sandi Diskominfotik Kabupaten Bima dalam laporannya mengatakan, sosialisasi ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada para peserta terkait pemahaman dan pemanfaatan sistem teknologi digital.

Sosialisasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dalam memberikan pelayanan informasi yang cepat, tepat dan akuntabel bagi pengguna radio komunikasi di manapun berada dengan menggunakan jaringan internet.

“Disamping itu, bagaimana pemanfaatan sistem analog ke sistem digital atau sebaliknya,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut menyajikan materi yang mencakup alokasi penggunaan spektrum frekuensi, kode alfabet internasional dan kode alfabet Indonesia serta tata cara berkomunikasi melalui jaringan ROIP dan VOIP.

Narasumber sosialisasi Muhammad Rizki Fauzi dalam pemaparannya mengatakan, radio memiliki peranan penting bagi perkembangan telekomunikasi dan informasi. Bahkan sampai saat ini banyak digunakan untuk komunikasi kedaruratan, keamanan dan koordinasi antar wilayah kecamatan dan desa.

“Voice Over Internet Protocol (VOIP) merupakan teknologi yang memungkinkan percakapan atau komunikasi jarak dekat maupun jarak jauh melalui media internet,” paparnya.

Saat ini lanjut Fauzi, seiring perkembangan teknologi telekomunikasi, telah digabungkan dengan  teknologi komunikasi radio yang biasa disebut dengan Radio Over Internet Protocol (ROIP) yang mampu berkomunikasi jarak dekat maupun jarak jauh dengan metode sistem gateway.

*Kahaba-01