Kabar Bima

Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Desa Panda

184
×

Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Desa Panda

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ribuan pohon mangrove ditanam di area seluas 5.000 Meter persegi di pesisir Teluk Bima Desa Panda, Sabtu (22/9). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 450 personil dari berbagai elemen.

Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Desa Panda - Kabar Harian Bima
Penanam pohon mangrove di Desa Panda. Foto: Ist

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas partisipasi semua elemen dalam melaksanakan kegiatan yang mulia ini, dengan menanam merawat dan menjaga ekosistem pesisir melalui penanaman pohon mangrove.

Ribuan Mangrove Ditanam di Pesisir Desa Panda - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bima Hj Nurma mengatakan, penanaman mangrove ini merupakan kerjasama instansi yang dipimpinnya dengan Jajaran Kodim 1608/Bima, Polres Bima dan instansi terkait dengan mengusung tema “Menamam, Merawat dan Menjaga Hutan Mangrove untuk Kelestarian Lingkungan”.

“Penanaman ini juga merupakan Karya Bhakti TNI  dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun Ke-73 TNI yang jatuh 5 Okrober 2018 mendatang,” jelasnya melalui siaran pers yang disampaikan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima.

Kata Nurma, aksi bersama jajaran Pemkab Bima dan TNI/Polri ini diawali dengan senam sehat bersama. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman 2.000 pohon pada areal seluas 5.000 M persegi di pesisir Teluk Bima Desa Panda.

Menurutnya, penanaman mangrove merupakan program pemberdayaan masyarakat pesisir ditujukan untuk meningkatkan pemahaman terkait fungsi serta pentingnya menjaga ekosistem pesisir dalam mendukung kehidupan di wilayah tersebut.

“Mengingat manfaatnya yang begitu besar, maka diperlukan peran serta seluruh elemen bangsa untuk memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove,” katanya.

*Kahaba-01