Tumbuhkan Nilai Budaya Untuk Pelajar, Formasi Gelar Festival di Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Forum Komunikasi Mahasiswa Sila Mataram (Formasi) menggelar kegiatan Festival Budaya Mbojo, Rabu (26/9). Kegitan yang dihadiri oleh keterwakilan pemerintah daerah dan Pemerintah Kecamatan Bolo tersebut mengangkat tema Generasi Muda Dalam Bingkai Budaya.

UKM Terompet Taman Siswa saat tampil pada Festival di Bolo. Foto: Yadien

Ketua Panitia Pelaksana Julkifli Bagus Saptarangga mengatakan, kegiatan tersebut digelar sebagai wadah untuk mengasah keterampilan generasi muda di Bima, terutama pelajar tingkat SMP dan SMA. Agar mereka kaya akan pemahaman tentang budaya dan salah dalam menafsirkan kebudayaan Bima.

“Rimpu di spanduk itu sebagai bentuk manifestasi kentalnya Islam dalam Budaya Bima,” ujarnya.

Menurut dia, degradasi nilai dan budaya pada generasi muda belakangan ini cukup memprihatinkan. Anak-anak muda sudah tidak pandai menghargai dan menanamkan nilai budaya tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti nilai Maja Labo Dahu.

“Mereka lebih individualis, meniru budaya-budya asing,” katanya.

Karenanya, kegiatan tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu cara agar kesadaran generasi muda tentang pentingnya nilai budaya untuk dimanifestasi dalam kehidupan sehari-hari.

“Paling tidak mereka akan mulai belajar banyak tentang budaya dan segala hal. Tentang kearifan lokal,” jelasnya.

Ia menambahkan, festival yang akan digelar sampai tanggal 30 September tersebut nantinya akan diadakan sejumlah lomba seperti drama, tari dan akustik juga digelar dengan peserta seluruh pelajar SMP dan SMA se-Kabupaten Bima.

“Nanti pada hari terakhir rencananya akan dilakukan parade rimpu yang akan dirangkaikan dengan pembagian hadiah,” paparnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *