Peduli Kesehatan Masyarakat Desa, Pemdes Kananga Kolaborasi dengan Puskesmas Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa Kananga Kecamatan Bolo menggelar rapat evaluasi penyusunan RKP tahun 2019, bersama tim Puskesmas Bolo. Kegiatan dimaksud dalam rangka menyelaraskan program desa di bidang kesehatan dengan program puskesmas.

Pemdes Kananga saat rapat bersama Puskesmas Bolo. Foto: Yadien

Kepala Desa Kananga Muhammad Nur mengatakan, tahun 2019 pihaknya akan menggenjot program kesehatan masyarakat desa. Pasalnya, kesehatan merupakan hal terpenting yang menjadi kebutuhan masyarakat.

“Kesehatan ini kan kebutuhan mendasar manusia. Sangat penting,” ujarnya, kemarin.

Bersamaan dengan itu kata dia, ternyata Puskesmas Kecamatan Bolo juga memiliki program kesehatan yang akan masuk di lingkungan. Karena itu, pihaknya melakukan sinkronisasi program dengan Puskesmas Bolo.

“Biar bisa jalan bersamaan dan saling mendukung,” katanya.

Nur menjelaskan, tahun 2019 nanti pihaknya bersama Puskesmas Bolo akan mengadakan program posyandu lansia. Untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya mencanangkan anggaran sebesar Rp 10 juta dari dana desa tahun 2019.

“Kami masukan dalam program desa di bidang kesehatan,” jelasnya.

Guna umenyukseskan program tersebut, pihaknya berencana akan membeli sejumlah alat-alat kesehatan seperti tensi meter dan alat-alat pemeriksaan kesehatan lainya. Sementara untuk tenaga medis dan obat-obatan disediakan oleh pihak puskesmas.

“Posyandu lansia nanti akan diadakan di tempat posyandu desa,” bebernya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *