Kabar Bima

Tampil Memukau di Festival Budaya Mbojo, Sanggar Ato Beko Optimis Juara

297
×

Tampil Memukau di Festival Budaya Mbojo, Sanggar Ato Beko Optimis Juara

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Group Tari Sanggar Ato Beko SMPN 3 Bolo tampil memukau pada Festival Budaya Mbojo yang digelar oleh Forum Mahasiswa Sila Mataram (Formasi) di Paruga Na’e Bolo, Jumat (28/9).

Tampil Memukau di Festival Budaya Mbojo, Sanggar Ato Beko Optimis Juara - Kabar Harian Bima
Group Tari Sanggar Ato Beko SMPN 3 Bolo saat Perfome pada Festival Budaya Mbojo di Paruga Na,e Bolo. Foto: Yadien

Dengan menampilkan tari kreasi Ari Manenggu, group tari yang dilatih langsung oleh kepala sekolah setempat tersebut berhasil menghipnotis penonton dan mendapatkan tepuk tangan seluruh penonton.

Tampil Memukau di Festival Budaya Mbojo, Sanggar Ato Beko Optimis Juara - Kabar Harian Bima

Kepala SMPN 3 Bolo Dahlan HM Nor mengatakan, untuk penampilan tersebut dirinya dibantu sejumlah guru di sekolah setempat, melatih siswanya selama 3 minggu. Tari kreasi tersebut dari naskah yang ditulis langsung oleh dirinya sendiri.

“Saya nulis naskahnya, juga saya latih sendiri,” ujarnya.

Ia bersyukur siswa-siswanya berhasil membawakan tarian tersebut sesuai dengan harapan dan cerita yang ditulis. Karenanya, Dahlan optimis siswa-siswanya manpu meraih juara dan membawa pulang piala.

“Sekolah di desa tidak kalah hebat dari sekolah-sekolah di kota,” katanya.

Meskipun sekolahnya terbilang sering mengikuti kegiatan-kegiatan serupa, namun tari merupakan hal yang baru ditampilkannya. Dirinya sengaja membawa group music tradisional sebagai pengiring penampilan tari yang menceritakan seolah pria yang merayu dan mempersunting seorang gadis jelita tersebut.

Pasalnya, menurut Dahlan menggunakan musik yang dimainkan langsung oleh group musik lebih baik daripada hanya menggunakan instrumen yang diputar dari flasdisk.

“Memang berat, tapi untuk penampilan terbaik kami siap lakukan apapun itu,” tambanhnya.

*Kahaba-10