Kabar BimaKabar NTB

Dinilai Berhasil Kawal Pilkada Serentak, Gubernur NTB Apresiasi Kinerja Bawaslu

218
×

Dinilai Berhasil Kawal Pilkada Serentak, Gubernur NTB Apresiasi Kinerja Bawaslu

Sebarkan artikel ini

Mataram, Kahaba.- Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengapresiasi kinerja seluruh jajaran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) NTB, karena dinilai telah bekerja dengan baik dan berhasil dalam mengawal kontestasi Pilkada serentak 28 Juni 2018 lalu di NTB.

Dinilai Berhasil Kawal Pilkada Serentak, Gubernur NTB Apresiasi Kinerja Bawaslu - Kabar Harian Bima
Gubernur NTB saat menyampaikan sambutan pada Rakor Evaluasi Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018. Foto: Dok. birohumasprotokol.ntbprov.go.id

Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri Rapat Koordinasi Evaluasi Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB tahun 2018, di Hotel Grand Legi Mataram, Sabtu kemarin.

Dinilai Berhasil Kawal Pilkada Serentak, Gubernur NTB Apresiasi Kinerja Bawaslu - Kabar Harian Bima

“Alhamdulillah, Pilkada kemarin telah berjalan lancar, di samping karena kepiawaian pihak KPUD, juga berkat kinerja seluruh jajaran Bawaslu, mulai tingkat provinsi, kabupaten dan kota hingga wilayah kecamatan,” kata Gubernur, dikutip dari website birohumasprotokol.ntbprov.go.id.

Ke depannya, Gubernur berharap cara kerja Bawaslu bisa terus dilanjutkan, sehingga konsolidasii demokrasi di NTB akan terus berlangsung baik. Gubernur juga mengimbau kepada seluruh pihak yang terlibat dalam mengawal proses politik, utamanya Bawaslu, untuk senantiasa  menegakkan aturan main, disiplin, dan saling menghormati.

Ia berpesan, berkecimpung dalam dunia politik, dituntut pandai mengendalikan perasaan dan pikiran, namun harus tetap fleksibel dan berintegritas. Gubenrur juga menekankan pentingnya rapat evaluasi seperti yang digelar Bawaslu tersebut, sebagai salah satu cara mempersiapkan diri. Agar ke depannya bisa lebih siap dan waspada dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam proses pemilu.

Rapat koordinasi  menghadirkan peserta dari jajaran Bawaslu kabupaten dan kota,  tim kampanye pasangan calon yang berlaga pada Pilkada kemarin. Termasuk juga dari kalangan partai politik, pers, serta relawan dari organisasi kemahasiswaan dan ormas, termasuk KPU, yang  ikut secara langsung melakukan pengawasan partisipatif dalam pemilu lalu.

Rakor  dibuka Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Abhan. Sebelum membuka Rakor, Abhan menyampaikan hal senada dengan yang disampaikan Gubernur. Bahwa evaluasi demikian penting dilakukan, agar segala proses pengawasan kedepannya berjalan lebih baik. Terlebih, sebentar lagi Indonesia akan kembali dihadapkan pada pemilu nasional, yakni pilpres dan pemilihan legislatif yang akan terlaksana pada saat bersamaan.

“Ini hal baru yang belu pernah kita alami. Tantangan Pemilunas ini tentu tidak sama dengan Pilgub di NTB, yang kontestannya hanya 4. Sementara di tingkat Nasional, yang diawasi akan sangat banyak,” terangnya.

Maka dari itu, lanjut Abhan, diperlukan kerja pengawasan yang betul profesional. Dalam konteks itu, maka evaluasi dinilainya sangat penting untuk menghimpun kembali apa saja yang kurang dari pengawasan yang lalu,  untuk kemudian diatur kembali strategi agar pelaksanaan pemilu selanjutnya bisa lebih baik lagi.

*Kahaba-01