Kabar Bima

Dewan Minta Pemerintah Tinjau Kembali Lahan Relokasi di Sambinae

299
×

Dewan Minta Pemerintah Tinjau Kembali Lahan Relokasi di Sambinae

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik HA Karim meminta kepada pemerintah Kota Bima melalui Dinas Perkim untuk meninjau kembali keputusan pembebasan lahan untuk relokasi seluas 5 Hektar di Kelurahan Sambinae. Pasalnya, lahan tersebut dinilai tidak layak. (Baca. 5 Hektar Lahan Relokasi di Sambinae Tidak Layak Ditempati)

Dewan Minta Pemerintah Tinjau Kembali Lahan Relokasi di Sambinae - Kabar Harian Bima
Ketua Komisi I DPRD Kota Bima Taufik HA Karim. Foto: Bin

Ia menilai, keputusan untuk membeli lahan relokasi di Kelurahan Sambinae karena pemerintah yang lama berkoordinasi dengan lembaga dewan. Sehingga keputusan tersebut diindikasikan dapat merugikan masyarakat yang akan direlokasi.

Dewan Minta Pemerintah Tinjau Kembali Lahan Relokasi di Sambinae - Kabar Harian Bima

“Beberapa pekan yang lalu, ada warga yang terdampak banjir mendatangi kantor dewan. Mengeluhkan jika wilayah relokasi di Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda tidak layak. Tanahnya bebatuan dan kesulitan akan air bersih,” ujarnya, Selasa (3/10).

Duta PPP itu menuturkan, pernyataan warga tersebut diperkuat dengan sejumlah kepala keluarga yang tinggal di BTN Sambinae. Mereka selalu mengeluhkan kesulitan air bersih. Karena munculnya keluhan tersebut, maka pihaknya kepada Pemerintah Kota Bima Bima untuk meninjau kembali daerah yang akan dijadikan tempat relokasi masyarakat korban banjir.

“Jangan sampai nanti jika dipaksakan warga tingga di Sambinae, justru menjadi bencana baru,” tegasnya.

Taufik menyarankan, apabila kedepan ada revisi penentuan daerah untuk relokasi. Pihaknya menyarankan agar memilih lokasi di bagian utara Pacuan Kuda Sambinae. Karena disana representatif, kebutuhan akan air mencukupi. Lagi pula, kondisi tanahnya juga rata dan tidak bebatuan.

“Di Sambinae itu dipertimbangkan kembali. Biar warga yang direlokasi juga juga bisa hidup nyaman,” sarannya.

*Kahaba-04