Pantau Perbaikan Data Pemilih Anomali, KPU Rakor Dengan PPK Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bolo, Senin (8/10). Rapat tersebut untuk memantau kerja PPK setempat terkait perbaikan data pemilih anomali.

Rapat Koordinasi KPU dan PPK Bolo. Foto: Yadien

“Data anomali berupa pemilih ganda, pemilih yang salah tanggal lahir dan pemilih yang salah nomor NIK. Agar bisa diperbaiki dan dikerjakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan,” jelas Komisioner KPU Kabupaten Bima M Waru mengatakan.

Kata dia, pada kesempatan tersebut juga pihaknya memantau sejauhmana perbaikan data yang dilakukan PPK Bolo, agar tetap mengerjakan tugas sesuai dengan aturan dan waktu yang ditentukan.

Dari hasil pantaun dan rapat koordinasi, kerja PPK Bolo sudah baik dan kompak. Dirinya merasa yakin PPK Bolo bisa mengerjakan perbaikan data anomali sesuai target dan tanpa melanggar hukum.

“Teman-teman masih bekerja, saya belum bisa pastikan berapa persen yang sudah selesai,” bebernya.

Waru mengimbau agar seluruh masyarakat dan partai politik ikut berpartisipasi dalam perbaikan data tersebut, dengan cara melaporkan ke PPK atau KPU jika ditemukan masih ada warga yang belum tercantum dalam data pemilih.

“Kalau ditemukan ada warga yang sudah cukup umur tapi belum tercantum, atau ada warga yang tercantum tapi belum cukup umur agar dilaporkan agar diperbaiki,” imbaunya.

Dengan demikian tambahnya, akan meminimalisir tingkat kesalahan data pemilih pada pemilu mendatang. Sesuai dengan aturannya, semua elemen dan masyarakat bisa ikut berperan dalam perbaikan data anomali tersebut.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *