Alwi Yasin Minta Guru Terus Kembangkan Kemampuan Akademik

Kota Bima, Kahaba.- Seiring dengan terus berkembangnya ilmu pengetahuan di dunia pendidikan, maka sudah menjadi kewajiban tenaga pengajar untuk lebih cerdas dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

Pelatihan Guru IPA yang digelar Dinas Dikbud Kota Bima. Foto: Eric

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin saat membuka Pelatihan bagi guru khusus pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tingkat SMP se-Kota Bima, yang digelar di aula SMPN 4 Kota Bima Selasa (16/10).

Ilmu pengetahuan berkembang begitu pesat, apalagi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan (IPA) alam. Kondisi ini menuntut tenaga pengajar untuk lebih cerdas lagi dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa.

“Karena kemajuan teknologi, kadang siswa lebih pintar dari pada guru. Tapi itu jangan dijadikan alasan guru untuk tidak mau belajar. Maka dari itu, teruslah mengasah dan mengembangkan kemampuan belajar, terutama pengetahuan teknologi,” ujarnya.

Alwi mengatakan, pelatihan tersebut  sangatlah penting, mengingat pengetahuan dari tahun ke tahun selalu berkembang dengan pesat. Dengan sistem pembelajaran yang juga semakin maju, jika guru guru harus mengajar dengan ilmu dan cara lama, pasti akan ketinggalan.

“Saat ini siswa sudah sangat paham dalam menggunakan perangkat ITE. Sehingga mereka juga bisa mendapat ilmu dari mana saja. Apabila guru tidak bisa mengimbangi kondisi ini, yang ada malah guru diajar siswa,” bebernya.

Untuk itu ungkap Alwi, guru harus punya kreatifitas dalam mengajar serta terus menggali informasi soal mata pelajaran yang disampaikan. Misalnya selain mencari materi lewat buku, juga bisa belajar di internet.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Hanafi saat menyampaikan laporan mengatakan, kegiatan tersebut turut diikuti 40 guru SMP se-Kota Bima, dengan waktu pelaksanaan selama 6 hari.

Hanafi menjelaskan, guna menunjang kegiatan pelatihan tersebut. Pihaknya menghadirkan tim pengajar dari Kota Bandung, pakar pengajar di bidang IPA yang memiliki kemampuan dan metode belajar terbaru.

“Kami menghadirkan pemateri dari tutor yang memang ahli khusus di bidang IPA,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *