RSJ Mutiara Sukma NTB Periksa Puluhan Warga Sakit Jiwa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Puluhan warga yang terindikasi mengidap penyakit jiwa diperiksa dan diobati di Puskesmas Bolo lewat program Mobil Klinik yang digelar Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mutiara Sukma NTB, Kamis (25/10).

Warga sakit jiwa dididampingi keluarganya sedang antri melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Puskemas Bolo. Foto: Yadien

Kasi Pelayanan Medik RSJ Mutiara Sukma NTB Wiwin Nurhasida mengatakan, program tersebut merupakan pelayanan kesehatan jiwa yang dilakukan di kabupaten dan kota seluruh NTB.

“Agar pelayanan kesehatan jiwa lebih dekat lagi dengan masyarakat,” ujarnya.

Kata Wiwin, sebelum kegiatan tersebut digelar, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, untuk menentukan lokasi pelayanan akan diberikan. Di Kabupaten Bima, ditentukan di Puskesmas Kecamatan Bolo, karena dianggap berada di tengah kecamatan-kecamatan lain.

“Jadi yang kami layani bukan saja warga Kecamatan Bolo, tapi juga warga kecamatan di sekitar seperti Madapangga, Donggo, Soromandi,” sebutnya.

Untuk pelayanan tersebut, pihaknya membawa psikiater, dokter umum, dan perawat kesehatan jiwa. Dengan jenis pelayanan, melakukan pemeriksaan hingga memberikan pengobatan.

“Nanti tergantung hasil pemriksaan tim psikiater dan dokter. Ada yang diberiksa saja, ada yang diberi pengobatana dan bahkan ada yang akan dirujuk jika ditemukan yang parah,” jelasnya.

Ia berharap kepada warga agar lebih peka dan mengenali tanda-tanda kelainan jiwa. Jika menemukan tanda-tanda tersebut maka segera lakukan pengobatan atau minimal melakukan konsultasi di tiap-tiap puskesmas agar bisa diberikan tindakan.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *