Komunitas Seni Bontomaranu Gelar Pagelaran Seni Budaya Pemuda Bangsa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peringati hari sumpah pemuda, Komunitas Seni Bontomaranu menggelar pagelaran seni dan budaya pemuda bangsa di Lapangan Menara Desa Rada Kecamatan Bolo, Sabtu (27/9).

Penampilan salah satu regu tari pada Pagelaran Seni Budaya Pemuda Bangsa. Foto: Yadien

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Jena Teke Kesultanan Bima, Camat Bolo, Kepala Desa Rada dan ribuan masyarakat yang ikut meramaikan dan menonton.

Ketua Komunitas Seni Bontomaranu Handika mengatakan, kegiatan tersebut sengaja digelar untuk memperingati hari sumpah pemuda tahun 2018. Dalam acara tersebut menampilkan sejumlah kesenian tradisional maupun kontenporer. Tak hanya itu, pembacaan puisi dan teatrikal juga ditampilkan.

“Ada juga musikalisasi puisi, dan  akuistik,” sebutnya.

Kata Handika, selain menampilkan kesenian dan budaya, kegiatan tersebut juga dilakukan pembacaan teks sumpah pemuda secara bersama oleh panitia pelaksana yang juga diikuti oleh seluruh undangan dan penonton.

Dibeberkannya, kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya dukungan dari berbagai pihak. Dukungan dari 2 media patner yakni kahaba.net dan lensabima.com. Selain itu juga didukung oleh organiasasi kemahasiswaan pemuda seperti Bengkel Seni PMSB dan KPEMSA.

“Alhamdulillah kami juga mendapat dukungan dari Pemerintah Desa Rada,” bebernya.

Kegiatan yang rencananya akan digelar sampai tanggal 28 Oktober terebut disponsori oleh UD Sri dan Komunitas Babuju dan bhimawi.com.

“Jadi mereka ikut andil menyukseskan kegiatan ini. Saya sangat berterimakasih,” ucapnya.

Wakil Bupati Bima, H Dahlan M Noer dalam sambutanya mengatakan, dirinya sangat berterimaksih kepada seluruh pemuda yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, lebih khusus kepada Komunitas Seni Bontomaranu. Menurutnya, kegiatan positif seperti itu dapat meningkatkan kreatifitas pemuda dan memimalisir terjadinya pergaulan yang salah.

“Pemuda jadi sibuk pada kegiatan postif dan tak punya waktu melakukan hal buruk,” katanya.

Menurut Dahlan, dengan sering digelar dan dihelat kegiatan-kegiatan kesenian yang dapat menunjukkan kekayaan budaya dan kesenian lokal, akan semakin banyak tumbuh generasi yang cinta dan mau mengeluti kesenian daerah. Pemuda pun memberikan andil dalam pembangunan daerah di bidang kesenian.

Dirinya juga berterimakasih kepada Komunitas Seni Bontomaranu yang telah mengundangnya untuk menghadiri kegiatan tersebut. Baginya, berada bersama masyarakat dalam kegiatan itu merupakan kesempatan yang luar biasa.

Foto berama panitia dengan Wakil Bupati Bima dan Jena Teke Kesultanan Bima. Foto: Yadien

Di tempat yang sama, Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putera Ferryandi juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, pencapaian pemuda tidak bisa ditunjukan dengan omongan saja atau sebatas rencana. Tapi aktualisasi dan bukti karya yang sesungguhnya.

“Ini pencapaian pemuda, saya salut,” ujarnya.

Sebagai Jena Teke Kesultanan Bima, dirinya berharap agar masyarkat dan pemerintah mendukung penuh kegiatan-kegiatan kepemudaan. Baik di bidang seni dan budaya, maupun juga kegiatan positif yang lainya. Sebagai Jena Teke Kesulatanan Bima, dirinya berharap agar semua mendukung kegiatan dan proses kreatifitas seperti ini.

Sementara itu Kepada Desa Rada Supratman mengaku, sangat bangga dengan pemuda di desa setempat lebih khusus kepada pemuda-pemuda Komunita Seni Bontomaranu. Pasalnya, pembangunan kreatifitas pemuda bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya dengan kegiatan serupa pemuda dapat mengembangkan kreatifitasnya.

“Saya sampaikan terimaksih kepada adik-adik di Komunitas Seni Bontomaranu,” katanya.

Sebagai pemerintah desa, dirinya mengaku akan terus mendorong kegiatan-kegiatan positif seperti itu untuk menggali dan mengembangkan potensi pemuda desa.

Ia berharap semoga penyelenggara dan mayarakat bisa menjaga keamanan dan kenyamanan dengan tidak membuat gaduh dan keributan. Kegiatan tersebut harus disukseskan dan tidak menodainya dengan keributan.

“Mari kita jaga bersama keamanan dan kenyamanan desa,” ajaknya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *