Pekan ini 1.700 Orang Akan Bersikan Sungai Padolo

Kota Bima, Kahaba.- Sungai Padolo pekan ini akan dibersihkan. Ribuan orang pun akan dikerahkan untuk bergotong-royong. Rencana itu dibahas jajaran BPBD Kota Bima saat rapat koordinasi di aula kantor setempat, Rabu (31/10). Kegiatan itu dihadiri perwakilan TSBK, FTSB, organisasi masyarakat serta pemerhati lingkungan.

Rapat koordinasi pembersihkan sungai Padolo. Foto: Eric

“Alhamdulillah berdasarkan target sementara dari data yang kami pegang, sudah ada 1.700 orang yang mendaftar untuk terlibat aksi bersih sungai Padolo,” ujar penanggungjawab operasional kegiatan bersih sungai, Imawan Muslimin.

Berdasarkan rencana aksi kata Imawan, kegiatan bersih-bersih sungai ini dilakukan dengan cara mengangkat sampah menggunakan jaring. Kemudian sampah diangkat ketepian sungai, lalu dibawa ketempat pembuangan sampah menggunakan mobil angkut dari DLH.

“Melalui aksi bersih -bersih ini, pemerintah ingin mengajak masyarakat untuk mengajak menjaga kebersihan sungai. Agar tidak menumpuk, dan dapat menyebabkan banjir bila hujan lebat datang,” katanya.

Imawan berharap, melalui kegiatan bersih sungai tersebut pemerintah daerah bisa melanjutkan program rumah sungai yang sudah dicanangkan. Sehingga sungai bisa beralih fungsi menjadi sumber kehidupan bagi warga.

“Kami juga sudah membetuk komunitas sungai, mereka yang akan bertugas menjaga kebersihan sungai setempat,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *