Kabar Bima

Tes CPNS Kota Bima Hari Pertama Berjalan Lancar

271
×

Tes CPNS Kota Bima Hari Pertama Berjalan Lancar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Hari pertama pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bima di SMKN 1 Kota, Sabtu (3/11) berjalan lancar dan tanpa kendala berarti. Proses tes mulai peserta sesi pertama yang dimulai pukul 08.00 Wita dan sesi terakhir yang berakir pukul 18.00 Wita, berjalan tertib.

Tes CPNS Kota Bima Hari Pertama Berjalan Lancar - Kabar Harian Bima
Suasana pelaksanaan tes CPNS Kota Bima di ruang SMKN 1 Kota Bima. Foto: Eric

Kepala BKPSDM H Supratman menjelaskan, berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan BAKN, waktu pelaksanaan tes dimulai Sabtu sampai Selasa (3-6/11). Prosesnya dibagi menjadi 5 sesi. Sementara jumlah peserta ujian sebanyak 70 orang, dibagi 2 ruangan lokasi ujian.

Tes CPNS Kota Bima Hari Pertama Berjalan Lancar - Kabar Harian Bima

“Untuk sesi pertama ujian berjalan dengan lancar dan tertib, alhamdulillah selama ujian belum ada gangguan jaringan internet maupun pasokan listrik,” ujarnya.

Supratman menuturkan, tes menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk mendukung pelaksanaan tes, pihak panitia menyiapkan 70 unit komputer, dan 10 komputer cadangan untuk mengantisipasi gangguan.

Berdasarkan SOP pelaksanaan tes. Sebelum memasuki ruangan, para peserta terlebih dahulu diverifikasi kembali datanya oleh panitia. Jika sudah lengkap dan cocok, maka peserta selanjutnya diarahkan untuk masuk ruang ujian yang telah disiapkan panitia.

“Untuk memastikan pelaksanaan tes berjalan lancar, kami juga dibantu aparat kepolisian, Telkom dan PLN,” sebutnya.

Bahkan untuk menjamin pelaksanaan tes berjalan dengan baik, pihak panitia telah mensterilkan ruangan terlebih dahulu. Setiap peralatan elektronik dan perlengkapan lain yang dibawa peserta, tidak boleh dibawa serta saat ujian.

Ditambahkan mantan Sekwan tersebut, pelaksanaan Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini merupakan tahap awal. Para peserta harus mampu melewati standar passinggrade, dengan nilai Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80 dan Tes Kepribadian (TKP) 143.

“Bila standar passinggrade ini terpenuhi, maka peserta bisa lolos ke tahap berikutnya yaitu Tes Kompetensi Bidang (TKB),” tambahnya.

*Kahaba-04