MTQ Desa Pesa Tahun 2018 Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pembukaan Mushabaqah Tiwalatil Quran (MTQ) Desa Pesa tahun 2018 mulai digelar, Senin malam (12/11). Kegiatan ini dipusatkan di lapangan desa setempat. Sholawatan dan kasidah rebana menjadi sajian pembuka sebelum pembukaan secara resmi.

Penampilan Qasidah Rebana sesaat sebelum MTQ Desa Pesa dibuka tadi malam. Foto: Firman

Seperti biasa, kegiatan ini akan memperlombakan berbagai mata lomba dengan berbagai kategori. Rencananya, kegiatan akan berlangsung selama 7 hari kedepan.

Kepala Desa Pesa Rudi Hartono mengatakan, kegiatan ini bukan hanya sekedar rutinitas tahunan untuk menyampaikan Syiar Islam dan mebdapatkan hadiah. Tetapi mengandung makna dan pesan bagi semua, agar pemerintah maupun masyarakat mampu melaksanakan isi dan pesan yang terkandung dalam Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Pesan Al Quran yang dibacakan oleh peserta dengan indah itu kita jadikan pedoman dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat,” tutur Rudi.

Disamping itu juga kata dia, pelaksanaan MTQ ini juga menjadi ajang silaturahmi seluruh komponen masyarakat yang ada di Desa Pesa. Jika mungkin selama ini warga sibuk dengan urusan masing-masing, maka di momen ini suasana keakraban masyarakat terjalin dengan baik.

Pada kegiatan ini juga sambung Rudi, merupakan wadah bagi pemerintah desa untuk mengukur kemampuan masyarakat sebagai peserta lomba. Sehingga bisa diketahui sejauh mana kemampuan peserta, untuk bisa dipersiapkan pada lomba di tingkat yang lebih tinggi.

*Kahaba-08

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *