SMAN 1 Kota Bima Raih Akreditasi A

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran SMAN 1 Kota Bima pekan ini mendapat kejutan. Setelah diperiksa tim asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM) Provinsi NTB, sekolah yang dinahkodai Sanusin tersebut kini mendapat nilai akreditasi A.

Kepala SMAN 1 Kota Bima Sanusin Bersama Wakasek Kurikulum Taman Firdaus Saat memperlihatkan SK BAN-SM 2018. Foto: Eric

Kepastian tersebut setelah mendapatkan salinan Surat Keputusan (SK) Penetapan dengan Nomor: 239/BANSM-NTB/KP/XI  tahun 2018, SMAN 1 Kota Bima meraih hasil akreditasi A dengan nilai 96.

Kepala SMAN 1 Kota Bima Sanusin didampingi Wakasek Kurikulum Taman Firdaus menjelaskan, memperoleh akreditasi A bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena pihaknya harus mempersiapkan 8 standar pendidikan yang menjadi indikator penilaian.

“Allhamdulillah kabar baik kami terima hari ini, melalui faximile menerima SK penetapan akreditasi A dari BAN-SM Provinsi NTB,” ujarnya dengan senyum bahagia, Sabtu (24/11).

Dari hasil akreditasi tersebut, kedepan pihaknya akan memberikan dampak positif terhadap sistem dan tata kelola pendidikan sekolah yang terus meningkat. Selain meningkatkan mutu pendidikan, juga akan berdampak pada kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMAN 1 Kota Bima.

“Dengan adanya penilaian akreditasi inipula, kedepan pemerintah pusat melalui Kemendikbud akan mendelegasikan program dan bantuan pendidikan untuk memajukan dunia pendidikan,” katanya.

Selain 3 hal tersebut, berkat Akreditasi A tersebut maka akan membuka peluang bagi alumni untuk meneruskan jenjang pendidikan ke luar daerah bahkan negeri. Sebab kepercayaan tersebut telah teruji, bahwa tamatan SMAN 1 mempunyai mutu yang bagus.

“Daya serap alumni di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan terus meningkat, seiring dengan program dan sistem belajar yang baik. Sehingga SDM pelajar di Kota Bima merupakan yang terbaik,” bebernya.

Sanusin pun optimis, penilain akreditasi tersebut akan diupayakan dipertahankan bahkan akan terus ditingkatkan setiap tahun. Demi tercapainya mutu pendidikan yang berkualitas.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *