Kabar Bima

Tahun Ini Petani di Bima Tidak Dapat Bantuan Bibit Padi

214
×

Tahun Ini Petani di Bima Tidak Dapat Bantuan Bibit Padi

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Petani Kecamatan Bolo tahun ini harus gigit jari. Pasalnya, sudah tidak ada lagi bantuan bibit padi untuk lahan sawah. Padahal tahun-tahun sebelumnya petani biasa menerima bantuan tersebut dari pemerintah.

Tahun Ini Petani di Bima Tidak Dapat Bantuan Bibit Padi - Kabar Harian Bima
Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Bolo Muflin. Foto: Yadien

“Tahun ini tidak ada bantuan bibit padi. Hanya bibit jagung saja,” ujar Kepala UPTD Pertanian Kecamatan Bolo Muflin, Senin (26/11).

Tahun Ini Petani di Bima Tidak Dapat Bantuan Bibit Padi - Kabar Harian Bima

Katanya, kebijakan itu tidak saja dialami oleh petani Kecamatan Bolo, tapi berlaku untuk semua petani se-Kabupaten Bima.

“Ini program pusat. Bukan saja di Kecamatan Bolo tapi se-Kabupaten Bima juga tidak mendapatkan bantuan bibit padi,” ungkapnya.

Muflin menjelaskan, pada tahun sebelumnnya petani juga tidak mendapatkan bantuan bibit padi. Namun diberikan bibit subsidi. Petani diwajibkan untuk membayar separuh dari harga bibit tersebut. Tapi untuk tahun ini sama sekali tidak ada.

Sebenarnya, pihak UPTD Kecamatan Bolo sudah mengusulkan permohonan bantuan bibit padi untuk tegalan dengan luas lahan 2380 hektar. Tetapi, meski sudah diusulkan bantuan tersebut tidak didapatkan.

“Namanya juga program pusat. Kita hanya bisa mengusulkan, pusat yang punya kewenangan memutusan,” bebernya.

Terkait hal tersebut, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada petani melalui PPL yang bertugas di masing-masing desa yang ada di Kecamatan Bolo.

*Kahaba-10