Kabar Bima

SMPN 1 Pengimbasan Aplikasi E-RKAS untuk 21 Sekolah Lain

273
×

SMPN 1 Pengimbasan Aplikasi E-RKAS untuk 21 Sekolah Lain

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah mewakili NTB untuk mengikuti kegiatan penyusunan aplikasi E-RKAS di Jakarta beberapa waktu lalu, SMPN  1 Kota Bima menggelar kegiatan pengimbasan aplikasi tersebut, Rabu (28/11).

SMPN 1 Pengimbasan Aplikasi E-RKAS untuk 21 Sekolah Lain - Kabar Harian Bima
Kepala SMPN 1 Kota Bima, Hj Nurmah. Foto: Eric

“Kegiatan pengimbasan digelar 2 hari, mulai Rabu sampai Kamis dan diikuti 21 sekolah. Hadir dari masing-masing sekolah yakni kepala sekolah, bendahara dan operator,” ujar Kepala SMPN 1 Kota Bima Hj Numah.

SMPN 1 Pengimbasan Aplikasi E-RKAS untuk 21 Sekolah Lain - Kabar Harian Bima

Nurmah menjelaskan, Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS) merupakan kegiatan perencanaan kerja terkait dengan belanja sekolah, sesuai dengan anggaran masing-masing sekolah. Setiap sekolah diwajibkan untuk membuat RKAS, yang selalu dilaksanakan pada setiap tahun anggaran maupun tahun ajaran.

“Ada perbedaaan dari aplikasi E-RKAS dari yang sebalumnya. Yang sekarang justru semakin mempermudah pekerjaan. Program 8 standar juga sekarang lebih simple untuk dipelajari,” tuturnya.

Diakui Nurmah, RKAS ini juga ditujukan agar sekolah memiliki perencanaan yang tepat, sehingga anggaran yang telah teralokasi dengan pembelanjaan sesuai dengan kegiatan kerja sekolah.

“Intinya mengelola tata kelola keuangan sekolah, agar lebih efektif dalam perencanaan, pelaksanaan, pembukuan dan pelaporan,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan pertama pengimbasan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Alwi Yasin. Sementara pemateri kegiatan yakni dirinya sendiri, kemudian Kabag Keuangan Dinas Dikbud Kota Bima.

“Tadi Pak Alwi berharap agar dalam penyusunan dan perancanaan anggaran bisa dilakukan dengan baik dan optimal,” tambahnya.

*Kahaba-01