Kabar Bima

Punya Peran Penting, Bhabinkamtibmas Diharapkan Hadir di Tengah Masyarakat

326
×

Punya Peran Penting, Bhabinkamtibmas Diharapkan Hadir di Tengah Masyarakat

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peran Bhabinkamtibmas di lingkungan masyarakat desa sangat penting. Karenanya, keberadaannya diharapkan selalu ada di tengah-tengah masyarakat, guna mengetahui persoalan dan masalah sekecil apapun yang ada di lingkungan masyarakat desa binaan.

Punya Peran Penting, Bhabinkamtibmas Diharapkan Hadir di Tengah Masyarakat - Kabar Harian Bima
KBO BIMAS Polres Bima IPDA Ilham Suwito. Foto: Yadien

“Sebagai anggota Polri dan seorang Bhabinkamtibmas dia harus melekat dan dekat dengan masyarakata,” ujar, kemarin.

Punya Peran Penting, Bhabinkamtibmas Diharapkan Hadir di Tengah Masyarakat - Kabar Harian Bima

Katanya, ada 9 tugas pokok seorang Bhabinkamtibmas di desa. Di antaranya melakukan pembinaan terhadap masyarakat yang menjadi tanggungjawabnya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum dan ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan yang berlaku.

Kemudian melakukan upaya kegiatan kerjasama yang baik dan harmonis dengan aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan para sesepuh yang ada di desa atau kelurahan.

“Babinkabtimnas harus melakukan pendekatan dan membangun kepercayaan terhdap masyarakat,” jelasnya.

Selain itu kata Ilham, Bhabinkamtibmas bertugas melakukan upaya pencegahan tumbuhnya penyakit masyarakat dan membantu penanganan rehabilitasi yang terganggu. Melakukan upaya peningkatan daya tangkal dan daya cegah warga masyarakat terhadap timbulnya gangguan kamtibmas. Membimbing masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam rangka pembinaan kamtibmas secara swakarsa di desa.

Bhabinkamtibmas juga harus memberikan bantuan dalam rangka penyelesaian perselisihan masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum. Memberikan petunjuk dan melatih masyarakat dalam rangka pengamanan lingkungan dan memberikan pelayanan terhadap kepentingan masyarakat untuk sementara waktu, sebelum ditangani pihak yang berwenang.

“Bhabinkamtibmas juga harus menghimpun dan menyerap informasi dan saran dari masyakat terkait tugas dan fungsi pelayana kepolisian serta permasalahan yang berkembang di tengah masyarakat,” ungkap Ilham.

Karenanya, ia mengimbau kepada seluruh Bhabinkamtibmas melakukan peran dan tugasnya dengan baik dan melakukan kerjasama dengan semua pihak yang ada di desa.

“Kepada masyarakat dan semua pihak harapannya agar bisa bekerjasama dengan seorang Bhabinkamtibmas yang ada di desa, agar tercapai tujuan ketertiban dan kemanan yang diharapkan,” tambahnya.

*Kahaba-10