Apel Kaposkamling, Pemdes Diminta Gelorakan Kembali Ronda Malam

Kabupaten Bima, Kahaba.- Jajaran Polres Bima menggelar apel Kaposkamling di halaman Kantor Kecamatan Palibelo, Kamis (29/11). Kegiatan tersebut dihadiri Kasat Binmas Polres Bima beserta jajarannya, Camat Palibelo, Kapolsek Palibelo dan anggota, unsur kemananan TNI, Kasi Trantib Palibelo serta Kaposkamling, Linmas, Kadus dan tokoh masyarakat Palibelo.

Jajaran Polres Bima bersama peserta apel saat melakukan apel di Kantor Camat Palibelo. Foto: Yadien

Kasat Binmas, AKP M Saleh saat memimpin apel menyampaikan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajak sekaligus membangun semangat seluruh elemen masyarakat, untuk berpartisipasi secara aktif dan ikut serta memelihara keamanan dan ketertiban yang diimplementasikan di lingkungan masing-masing, melalui pelaksanaan ronda malam.

“Ronda malam perlu dilakukan untuk mencegah dan penanggulangan segala bentuk aksi tindakan kriminal yang terjadi,” ujarnya.

Kata dia, di era tahun 80-an ronda malam pernah membumi. Saat itu Poskamling sebagai wadah atau tempat untuk berkumpul dan berjaga secara bergiliran. Selain itu, mengantisipsi terjadinya tindakan kriminalitas, ada nilai gotong royong juga yang sedang diperagakan di dalamnya.

Ia menyadari bahwa masyarakat merupakan kekuatan dasar yang merupakan basis penyelenggaraan dari pelaksanaan pengamanan lingkungan secara swakarsa, dengan berperan aktif sesuai tupoksinya masing-masing.

“Kita harap pasca apel ini, semua Pemdes harus membentuk kembali Pos Ronda dan disesuaikan dengan kebutuhan di lingkungan,” harapnya.

Saleh menjelaskan, pelaksanaan Pilkades serentak, Pileg dan Pilpres Tahun 2019 juga membutuhkan dukungan serta partispasi semua stakeholder termasuk masyarakat. Sehingga apel tersebut perlu dilakukan dengan harapan mampu memberikan pemahaman serta meningkatkan koordinasi antara semua pihak.

“Harapannya, pelaksanaan Pilkades, Pileg dan Pilpres Tahun 2019 bisa berjalan aman, lancar dan tertib,” harapnya.

Dia mengimbau, semua masyarakat agar dapat memberikan hak pilih sesuai hati nuraninya tanpa ada intervensi dari pihak manapun pada pelaksanaan Pilkades, Pileg dan Pilpres yang akan datang.

“Jangan sampai kita Golput. Suara kita sangat berarti,” imbaunya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *