Pemkot Bima Launching Bantuan Pangan Non Tunai 2018

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Sosial menggelar Launching dan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Kota Bima Tahun 2018, di Gedung Seni Budaya (GSB) Kota Bima, Kamis (29/11).

Penggutingan pita menandai Launching Bantuan Pangan Non Tunai 2018. Foto: Ist

Acara yang bekerjasama dengan BRI Cabang Bima itu dihadiri Direktorat Jendral Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Republik Indonesia Andi Za Dulung dan Direktur Penanganan Fakir Miskin Mumuh Suherlan.

Kedatangan rombongan dari Kementerian Sosial diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bima H Mukhtar Landa didampingi Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Bima HM Farid beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Bima.

Sekda Kota Bima H Mukhtar Landa menyampaikan apresiasinya terhadap mekanisme program BNPT yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya, yaitu melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Waroeng KUBE Program Keluarga Harapan atau pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan bank Himbara (Himpunan Bank Negara).

“Untuk tahun 2018 ini penerima manfaat program Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) di Kota Bima sebanyak 8.393 keluarga,” sebutnya.

Sekda menjelaskna, mekanisme ini lebih efektif dan mengurangi celah untuk penyalahgunaan dana bantuan oleh para penerima manfaat, maupun berbagai pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan program. Selain itu, mekanisme ini juga mendorong keuangan inklusif agar masyarakat dari berbagai lapisan dapat bersentuhan dengan layanan keuangan, dalam hal ini himpunan bank negara.

Dijelaskannya pula banyak sekali manfaat dari program BNPT yang akan dapat dirasakan oleh masyarakat. Diantaranya meningkatkan ketahanan pangan pada tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

Dirjen Penangangan Fakir Miskin juga menjelaskan, program BNPT ini diharapkan memberikan manfaat diantaranya meningkatkan transaksi non tunai dan meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi.

“Muaranya diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil pada bidang perdagangan, khususnya pada kalangan e-Waroeng KUBE program keluarga harapan. Mengingat besarnya manfaat program ini, saya mengajak seluruh stakeholders penyelenggara BNPT untuk berkomitmen mensukseskan kegiatan ini,” ajaknya.

Sesaat sebelum launching dilaksanakan, secara simbolis diserahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 5 KPM BPNT oleh Dirjen Penanganan Fakir Miskin didampingi Sekda Kota Bima, Direktur Penanganan Fakir Miskin, Ketua DPRD Kota Bima dan Pimpinan BRI Cabang Bima.

Dilanjutkan dengan launching bantuan pangan non tunai dari e-Waroeng dan agen BRI-link yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dirjen PFM didampingi oleh Direktur PFM, Sekda Kota Bima, Pimpinan DPRD Kota Bima dan Kadis Sosial Kota Bima. Usai launching, Dirjen PFM bersama rombongan melakukan peninjauan baazar kelompok binaan sosial.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *