Hari Ikan Nasional, 1.725 Nelayan Dapat Bantuan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hari Ikan Nasional (Harkannas) V Tingkat Kabupaten Bima tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Jalan Soekarno-Hatta Raba, Minggu (3/12), selain diisi dengan Bazar Kuliner Serba ikan,  juga ditandai dengan penyerahan sarana alat tangkap perikanan untuk dihibahkan kepada nelayan senilai Rp6,7 miliar.

Bupati Bima saat menyerahkan bantuan kepada nelayan. Foto: Ist

“Bantuan peralatan ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak diperjual-belikan, apalagi berpindah tangan kepada pihak yang tidak berhak,” tegas Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri.

Berkaitan dengan penyaluran bantuan kepada sejumlah sektor pembangunan Bupati menekankan pentingnya data yang akurat. Pendataan menyeluruh terhadap bantuan yang diberikan kepada kelompok dan menyimpan dengan baik catatan administrasi kegiatan, agar bisa dipertanggungjawabkan ketika berhadapan dengan masalah hukum.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Hj Nurma dalam laporannya mengatakan,  Peringatan Hari Ikan tahun ini mengambil tema “Dengan Protein Ikan,  Kita Membangun Bangsa”.

Tahun  ini, dilakukan penyerahan secara simbolis Hibah Sarana dan Prasarana Perikanan pada kelompok nelayan Kabupaten Bima Tahun Anggaran 2018 senilai Rp 67 miliar kepada 321 Kelompok atau 1.725 nelayan dan menyebar pada 16 kecamatan pesisir.

“Para nelayan dapatkan alat tangkap berupa mesin ketinting, jaring pukat, perahu, perahu kayu,  coolbox dan pancing,” sebut Nurma.

Penyerahan paket alat penangkapan ikan (API) berupa 1 unit jaring gillnet Millenium 4 inchi sepanjang 500 m kepada 3 penerima yaitu,  KUD Mutiara langgudu untuk 3 kapal, Koperasi Takapase Sanggar 2 kapal dan KUD Harapan Sape 3 kapal.

Selain itu juga di serahkan bantuan untuk sarana budidaya produksi garam berupa, sepeda motor roda tiga (aviar), mesin,  mesin air 23 PK dan 5,5 PK.  Serta hibah bioflog untuk budidaya nila, bibit kerapu dan bibit lele serta asuransi nelayan.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *