Kabar Bima

Desa Sanolo dan Tumpu Terancam Tidak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 3

220
×

Desa Sanolo dan Tumpu Terancam Tidak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 3

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- 2 desa di Kecamatan Bolo masing – masing Desa Sanolo dan Desa Tumpu terancam tidak bisa mencairkan dana desa tahap ketiga tahun 2018. Itu akan terjadi, jika hingga batas akhir permohonan penyaluran bantuan keuangan, baik DD maupun ADD untuk tahap ketiga tidak diajukan kedua desa tersebut hingga tanggal 15 Desember nanti.

Desa Sanolo dan Tumpu Terancam Tidak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 3 - Kabar Harian Bima
Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan. Foto: Yadien

Kasi Pemerintahan Kecamatan Bolo H Gunawan mengungkapkan, 2 desa tersebut hingga sekarang belum menyerahkan rancangan APBDes Perubahan untuk anggaran tahun 2018. Padahal rancangan tersebut menjadi syarat penting agar bisa mengajukan pencairan dana desa tahap ketiga.

Desa Sanolo dan Tumpu Terancam Tidak Bisa Cairkan Dana Desa Tahap 3 - Kabar Harian Bima

“Setelah mereka ajukan, kami akan melakukan evaluasi APBDes Perubahan,” katanya, Rabu (5/12).

Selain itu kata Gunawan, kedua desa tersebut juga sampai sekarang belum menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana desa tahap pertama dan kedua tahun 2018. Padahal, jika tidak ada perubahan APBDes, maka laporan tersebut menjadi syarat untuk rekomendasi mengajukan permohonan pencairan dana desa tahap ketiga.

“Saya tidak tahu masalahnya apa. Mereka sampai sekarang belum menyampaikan laporan realisasi tahap satu dan dua,” bebernya.

Gunawan mengimbau agar kedua desa tersebut segera menyerahkan rancangan APBDes Perubahan kepada pemerintah kecamatan, sehingga mendapatkan rekomendasi untuk pencairah dana desa tahap ketiga.

“Kalau tidak dicairkan maka dana desa tahap tiga tersebut akan hangus, bukan masuk SILPA,” tuturnya.

*Kahaba-10