Di Kecamatan Sanggar, Banyak Tempat Wisata Yang Patut Dikunjungi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Bima merupakan daerah yang tidak sedikit memiliki destinasi wisata. Hampir tiap desa dan kecamatan memiliki tempat wisata yang indah. Salah satunya di Kecamatan Sanggar.

Kabid Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Muhammad Akbar. Foto: Deno

Kepala Pengembangan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Muhamad Akbar menyebutkan, destinasi wisata di Kecamatan Sanggar seperti Taman Wisata Oi Tampuro. Merupakan area wisata alam yang berada di Desa Piong dengan mata air yang melimpah disepanjang tahun. Akses jalan menuju Oi Tampuro cukup bagus, di sana sudah dibangun gazebo atau baruga untuk tempat duduk.

“Selain membangun 2 gazebo atau baruga untuk tempat duduk dan istrahat, kami juga sudah membangun gapura identitas,” ujarnya, kemarin.

Kata Akbar, Pantai Teluk Sanggar dengan hamparan pasir putih dan pulau kecil yang berada dekat pantai berada di Desa Kore, juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Pantai yang bersih dan kejernihan air lautnya, sangat bagus untuk dikunjungi.

“Semua destinasi wisata yang ada di Kecamatan Sanggar diurus oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis),” katanya.

Di Desa Kore juga sambungnya, ada Pacuan Kuda Pantai Sandue, yang merupakan daya tarik wisata, gabungan antara wisata alam dan wisata budaya dan wisata Sumur Oi Monca yang merupakan obyek wisata religi dan wisata Pantai Mene Manu’u.

Selain itu di Kecamatan Sanggar ada juga Wisata Pantai Piong yang berada di Desa Bono, namun belum ada aktifitas perdagangan dan jasa. Kemudian Wisata Pantai So Tengke yang berada di Desa Boro, Padang Savana Sanggar yang berada di Desa Oi saro, yang terbentang luas di sepanjang jalan lingkar selatan menuju Kecamatan Tambora.

“Di Sanggar Juga ada Wisata Kuburan Rade Nae yang memiliki 6 makam keluarga kerajaan Sanggar dan Situs Godo Ruma, merupakan situs bersejarah yang berada di Desa Boro,” ungkapnya.

Setiap destinasi wisata yang ada tambahnya, tetap didatangi untuk memantau langsung perkembangan dan kemajuan wisata tersebut. Selain itu, pihaknya juga sering berkoordinasi dengan Pokdarwis dan melaksanakan sosialisasi tentang pelestarian wisata, pada masyarakat sekitar area wisata. agara bisa menjaga kelestarian wisata secara bersama-sama.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *