Tingkatkan Kapasitas Penanganan Bencana, BPBD Diklat 5 TSBK

Kota Bima, Kahaba.- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas relawan dalam manajemen penanganan darurat bencana. Kegiatan YANG dilaksanakan di Pantai Lawata selama 3 hari mulai Selasa – Kamis (4-6/12) itu diikuti 100 relawan dari 5 Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK).

Relawan TSBK sedang mengikuti diklat penanganan bencana. Foto: Ist

Kepala BPBD Kota Bima H Sarafuddin menyebutkan, 5 TBSK yang mendapatkan penguatan kapasitas melalui diklat diantaranya TSBK Kelurahan Rontu, TSBK Sambinae, TSBK Rabadompu Barat, TSBK Penatoi dan TSBK Rabangodu Selatan.

“Seluruh relawan ini akan mendapatkan materi dan ilmu tentang kebencanaan dan tatacara penanganannya dari tim TNI, Polri, BPBD dan Basarnas,” ujarnya, Jumat (7/12).

Mantan kepala DKP tersebut menuturkan, kegiatan diklat yang digelar untuk meningkatkan kapasitas masyarakat sebagai relawan dalam mendukung program kerja pemerintah, dalam ketangguhan menghadapi kebencanaan. Pelatihan ini pula diharapkan bisa meningkatkan kemampuan dan dukungan relawan, untuk terlibat dalam penanggulangan bencana di daerah.

“Dalam penanggulangan bencana, dibutuhkan sinergitas antara pemerintah dan masyarakat dalam hal ini relawan. Bisa bekerjasama dan memberikan pertolongan secepatnya kepada masyarakat yang membutuhkan,” paparnya.

Sarafuddin berharap bagi relawan yang telah mengikuti pelatihan, dapat menjadi leading sektor pemerintah dalam membantu pemerintah dalam penanganan bencana. Sebab tanpa adanya keterlibatan kelompok masyarakat, pemerintah akan sulit menangani bencana yang terjadi.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *