Kabar Bima

Gandeng INOVASI, Pemdes Darussalam Bimtek Kualitas SDM Guru

230
×

Gandeng INOVASI, Pemdes Darussalam Bimtek Kualitas SDM Guru

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa (Pemdes) Darussalam Kecamatan Bolo menggandeng INOVASI Kabupaten Bima untuk menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guru Bidang Pendidikan Dasar, Sabtu (8/12) di SDN Impres Impres Pali Desa Darussalam.

Gandeng INOVASI, Pemdes Darussalam Bimtek Kualitas SDM Guru - Kabar Harian Bima
Bimtek kualitas SDM guru yang digelar Pemdes Darussalam. Foto: Ist

Kegiatan tersebut diikuti dewan guru di SDN Impres Pali, jajaran lembaga PAUD dan seluruh kades posyandu di desa setempat.

Gandeng INOVASI, Pemdes Darussalam Bimtek Kualitas SDM Guru - Kabar Harian Bima

Sekertaris Desa Darussalam Ibrahim Alfian mengatakan, kegiatan itu digelar untuk  meningkat SDM yang ada di desa setempat. Khususnya tenaga pendidikan dasar, agar memiliki kemampuan yang maksimal memberikan pembelajaran di kelas, sehingga peserta didik mau mengikuti pembelaran dengan efektif.

“Dengan kemampuan guru yang baik, maka siswa akan mudah menyerap pelajaran,” paparnya.

Ia membeberkan, kegiatan tersebut digelar dengan menggunakan anggaran dana desa yang lebih awal telah dialokasikan sebanyak 20 persen untuk pelayanan dasar pendidikan dan  kesehatan.

Sementara itu, Fasilitator Daerah (Fasda) Program INOVASI Kabupaten Bima Ruslin menguraikan, pada kegiatan tersebut pihaknya memberikan tambahan pengetahuan bagi insan pendidik tingkat SD yang di Desa Darussalam tentang meningkatkan pembelajaran di kelas.

“Khususnya pembelajaran Literasi dan Numerasi,” ujarnya.

Kata dia, Desa Darussalam menjadi desa pertama yang melaksanakan Bimtek Kualitas SDM Guru Bidang Pendidikan Dasar dengan menggunakan dana desa.

“Desa Darussalam menjadi pioner pembangunan fasilitas pendidikan di desa dengan menggunakan dana desa yang bisa dicontohi desa-desa yang lain,” katanya.

*Kahaba-10