Kemenag Sosialisasi Penerbitan Paspor Untuk JCH

Kota Bima, Kahaba.- Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar sosialisasi penerbitan paspor, di Aula FKUB Kota Bima. Kegiatan dilaksanakan aelama 3 hari, mulai  Senin hingga Rabu (10-12/12) dan dihadiri 50 peserta, dari 162 Jemaah Calon Haji (JCH).

Sosialisasi Penerbitan Paspor Untuk JCH. Foto: Eric

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kota Bima H Furkan Ar Roka menjelaskan, sosialisasi tersebut juga telah berkoordinasi dengan kantor Imigrasi Bima, untuk menjelaskan tentang tatacara dan prosedur pembuatan paspor. Sehingga bisa dipastikan sebelum waktu keberangkatan pelaksanaan ibadah haji semuanya sudah rampung.

“Sosialisasi ini untuk menginformasikan kepada JCH, tentang mekanisme dan alur pembuatan paspor,” ujarnya.

Furkan menuturkan, sosialisasi tersebut merupakan tahap awal dari beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan JCH. Karena secara aturan paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang, memuat identitas pemegangnya dan berlaku dalam masa waktu tertentu untuk melakukan perjalanan antar negara.

“Paspor ini ibarat kartu SIM atau KTP yang diakui di tingkat internasional, sehingga JCH wajib memilikinya,” imbuhnya.

Untuk memaksimalkan pembuatan paspor, pihaknya akan mendampingi setiap JCH untuk memastikan seluruh tamu Allah SWT tersebut memilikinya. Karena berdasarkan data yang, baru 20 JCH telah membuat paspor. Tinggal 142 orang saja, dan akan rampung di bulan Januari mendatang.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *