Kabar Bima

Januari 2019, Bagian OPA Evaluasi Efektifitas Keberadaan OPD

249
×

Januari 2019, Bagian OPA Evaluasi Efektifitas Keberadaan OPD

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur (OPA) Setda Kota Bima di awal tahun 2019 akan melaksanakan evaluasi kelembagaan terhadap sejumlah OPD, berdasarkan PP 18 Tahun 2016.

Januari 2019, Bagian OPA Evaluasi Efektifitas Keberadaan OPD - Kabar Harian Bima
Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Bin

“PP 18 sudah berjalan 2 tahun, jadi otomatis harus dilakukan evaluasi tentang keberadaan OPD di Kota Bima,” ujar Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Ghazali di ruang kerjanya, Kamis (13/12).

Januari 2019, Bagian OPA Evaluasi Efektifitas Keberadaan OPD - Kabar Harian Bima

Pada proses evaluasi nanti akan dilihat tahapan-tahapan apa yang sudah dilakukan. Data-data pendukung yang berkaitan dengan OPD dimaksud, seperti jumlah pegawai, pengelolaan anggaran, pelaksanaan tugas, tupoksinya, apakah berjalan dengan efektif atau tidak.

“Maksud dan tujuan dilakukan evaluasi ini untuk menilai sejauh mana efektifitas keberadaan OPD tersebut,” katanya.

Dari hasil evaluasi nanti sambung Ghazali, bisa mengakibatkan perubahan tipe OPD. Bisa naik dan bisa turun, atau bisa saja ada penggabungan. Saat ini saja, pihaknya sedang mengevaluasi keberadaan UPT, apakah ada yang dihapus atau tidak.

Karena, pembentukan UPT tidak sesederhana yang dilakukan sebelumnya, yang cukup dengan adanya Perwali, tanpa melihat dari sarana pendukung, SDM dan penganggarannya.

“Sekarang ini proses pembentukan UPT harus diajukan ke pemerintah provinsi, dan pemerintah provinsi yang akan melakukan verifikasi, termasuk soal sarana pendukung, SDM dan penganggaran,” jelasnya.

Dari hasil evaluasi itu tambahnya, nanti akan diserahkan ke kepala daerah. Kemudian rekomendasinya nanti juga akan diajukan ke Dewan untuk dibuatkan peraturan daerah.

*Kahaba-01