Evaluasi Mutu Pendidikan, Dikbud Rakor Akhir Tahun

Kota Bima, Kahaba.- Mengevaluasi mutu dan kinerja pendidikan selama tahun 2018, jajaran Dinas Dikbud Kota Bima menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di SMPN 1 Kota Bima, Kamis (20/12). Kegiatan tersebut turut dihadiri seluruh kepala sekolah dan operator tingkat SD dan SMP se-Kota Bima.

Rakor Akhir Tahun digelar Dinas Dikbud Kota Bima. Foto: Eric

“Rakor ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan 8 standar mutu pendidikan yang telah dilakukan lembaga pendidikan,” ujar Plt Kepala Dinas Dikbud Kota Bima Abdul Azis.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kabid Dikdas tersebut, melalui rakor ini pihaknya juga mengetahui sejauh mana pencapaian kegiatan dan program kerja yang dilaksanakan oleh sekolah selama 1 tahun. Selain itu, menjadi bahan untuk membuat program kerja pendidikan di tahun 2019 dan meningkatkan mutu pendidikan.

Azis menjelaskan, berdasarkan hasil rakor. Beberapa hasil sementara yang bisa disimpulkan adalah, pembangunan mutu pendidikan untuk meningkatkan prestasi masih terus digenjot. Kemudian peningkatan kualitas tenaga pendidik melalui bimtek juga masih harus dilakukan, serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang pembangungan juga perlu ditambahkan.

“Seperti kita ketahui, arah penjaminan mutu pendidikan terdiri dari kualitas proses belajar mengajar, manajemen sekolah, budaya akademik, kepemimpinan, serta kualitas guru. Maka harus terus coba kita tingkatkan tahun depan,” tandasnya.

Usai dari rakor tersebu sambungnya, Dinas Dikbud akan memperoleh data pemetaan mutu pendidikan dan akan diserahkan  kepada pihak Dikbud Provinsi NTB. Selain sebagai bahan evaluasi, juga sebagai laporan tentang program pendidikan apa saja yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 mendatang.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *