Wakil Walikota Bima Jadi Irup Peringatan HAB ke-73

Kota Bima, Kahaba.- Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan ditunjuk menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama (Kemenag) ke-73 Tingkat Kota Bima, di halaman MAN 2 Kota Bima Kamis (3/1).

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan bersama Kepala Kemenag Kota Bima HA Munir didampingi siswa pemenang lomba HAB Kemenag ke-73. Foto: Eric

Feri yang membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, peringatan HAB Kemenag ini merupakan refleksi berdirinya sejak 73 tahun silam, atau pada 3 Januari 1946, bertepatan dengan terbentuknya Kemenag sebagai bagian dari perangkat kehidupan bernegara, dan pemerintahan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kendati negara secara formal tidak berdasar pada agama tertentu dan tidak menetapkan suatu agama sebagai agama resmi negara. Akan tetapi keterlibatan negara dan pemerintah menyangkut kehidupan keagamaan merupakan hal nyata dan niscaya, sesuai konstitusi negara,” katanya.

Untuk itu, melalui peringatan HAB ini, semua diingatkan kembali arti pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Terutama sila Ketuhanan Yang Maha Esa pada Pembukaan dan pasal 29 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Ketua DPD PAN itu menjelaskan, dengan momentum HAB dirinya mengajak seluruh elemen masyarakat dan juga aparatur pemerintah, untuk selalu bersama dalam membangun daerah dengan memberikan masukan dan ide positif.

“Mari terus kita jaga persatuan dan semangat kebersamaan umat. Segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara, mari kita hindari, demi persatuan dan kesatuan bangsa,” ajaknya.

Memasuki tahun 2019 sambungnya, ada 6 sasaran strategis program Kementerian Agama yang telah digariskan, diantaranya meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama, kemudian meningkatkan harmoni sosial dan kerukunan umat beragama, lalu meningkatkan kualitas pelayanan keagamaan, kemudian meningkatkan akses layanan pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan agama dan keagamaan serta peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

“6 sasaran tersebut tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Disamping itu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar umat beragama dan pembangunan akhlak bangsa, perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik,” tandasnya.

Pantauan media, seusai upacara. Wakil Walikota Bima didampingi kepala Kemenag Kota Bima HA Munir memberikan secara simbolis penghargaan bagi siswa yang juara lomba HAB Kemenag ke-73.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *