Kabar Bima

2019, Dinas Pol PP dan Damkar Siapkan Layanan Siaga Penuh 112

187
×

2019, Dinas Pol PP dan Damkar Siapkan Layanan Siaga Penuh 112

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Mulai awal tahun 2019, Dinas Pol PP dan Damkar Kota Bima telah menyiapkan layanan siaga, call center 112 bagi masyarakat untuk melaporkan gangguan keamanan hingga kejadian bencana.

2019, Dinas Pol PP dan Damkar Siapkan Layanan Siaga Penuh 112 - Kabar Harian Bima
Sekretaris Pol PP dan Damkar Kota Bima, Syarif Rustaman. Foto: Eric

Sekretaris Dinas Pol PP dan Damkar Syarif Rustaman mengatakan, layanan tersebut untuk membantu dan memudahkan pelayanan terhadap setiap informasi yang disampaikan masyarakat.

2019, Dinas Pol PP dan Damkar Siapkan Layanan Siaga Penuh 112 - Kabar Harian Bima

“Panggilan siaga siap 24 jam penuh, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya di ruang kerjanya, Rabu (9/1).

Syarif menjelaskan, layanan siaga tersebut untuk mempermudah akses penyampaian laporan masyarakat. Karena selama ini, sulit diakses jika ingin melaporkan setiap kejadian. Sehingga dengan diterbitkan layanan call center ini, memudahkan pihaknya bergerak cepat membantu masyarakat.

Di tahun 2018 lalu sambungnya, sistem informasi masih menggunakan nomor manual. Tapi kali ini sudah terpusat dan terintegrasi dengan beberapa OPD lain. Sehingga pelayanan maksimal kepada masyarakat dapat terealisasi dengan cepat.

“Selain Dinas Pol PP dan Damkar, panngilan siaga 112 sudah terintegrasi dengan beberapa OPD, diantaranya Dinas Kesehatan,  BPBD dan lembaga penegak hukum. Sehingga persoalan laporan kesehatan, bencana alam, penertiban umum hingga gangguan kamtibmas telah terpusat pada 1 pintu,” katanya.

Saat ini, tambah mantan Kabag AP Setda itu, jajarannya memiliki personel berjumlah 229 orang. Jumlah tersebut dinilai masih kurang, jika dilihat dari jarak jangkauan dan luas wilayah Kota Bima.

“Meskipun ideal jumlah personil diperkirakan berjumlah 350 orang, namun dengan kondisi seperti saat ini kami tetap optimis dapat maksimal,” tambahnya.

*Kahaba-04