Didemo Soal Air Bersih, Camat Madapangga Audiensi Dengan FSMM dan PDAM

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menanggapi aksi demonstrasi yang dilakukan Forum Solidaritas Masyarakat Madapangga (FSMM), terkait distribusi air bersih oleh PDAM yang dinilai merugikan warga Desa Rade, Kamis (12/1) kemarin. Camat Madapangga, Muh Safi’i menfasilitasi audiensi antara FSMM dengan PDAM Kecamatan Madapangga, Jumat (11/1). (Baca. Keluhan Krisis Air Bersih Tidak Ditanggapi, FSMM Demo Camat Madapangga)

Audiensi antara FSMM dan PDAM di aula kantor Camat Madapangga. Foto: Yadien

“Audiensi ini dilakukan sebagai upaya pemerintah menanggapi keluhan warga Desa Rade tentang pendistribusian air bersih yang kurang lancar,” ujarnya.

Kata dia, dalam audiensi tersebut telah disepakati bersama langkah yang harus dilakukan, agar persoalan yang dialami warga Desa Rade saat ini tidak terulang lagi. Diantaranya, PDAM harus mengontrol pipa dan fasilitas lain dengan sebaik-baiknya.

“PDAM harus segera memperbaiki pipa yang rusak,” katanya.

Selain itu, kinerja PDAM kecamatan setempat perlu ditingkatkan. Fasilitas air di Mada Bure Monggo juga harus tetap perhatikan. Terutama sekali menyangkut pembayaran listrik yang teratur. Sementara pelaku yang merusak pipa PDAM juga harus ditindak tegas atau diproses hukum.

Kemudian, PDAM harus segera membuat perencanaan pergantian pipa yang rusak dan menyampaikan pada Pemerintah Daerah Kabupaten Bima untuk pengadaan pipa besi.

“Air PDAM itu bukan untuk lahan pertanian. Tapi untuk air minum. Maka siapapun yang merusak fasilitas tersebut harus diproses hukum,” tegasnya.

Sementara itu, Plt PDAM Cabang Madapangga Muhtar membenar adanya kesepakatan bersama tersebut. Hasil kesepakatan itu akan dilaporkan kepada pimpinannya dan pemerintah Kabupaten Bima. Terutama sekali pergantian pipa yang rusak.

“Saat ini pipa yang kita gunakan yakni PVS 8 inc paralol. Dan ingin diganti dengan pipa GL atau besi, agar tidak mudah dirusak,” ujarnya.

Dia mengakui, tidak lancarnya pendistribusian air di Desa Rade disebabkan oleh bocornya pipa PDAM di 9 titik. 6 titik di So Monggo Desa Monggo, 2 titik di So Ndano Desa Ndano dan 1 titik di depan Desa Dena.

“Kerusakan itu akan kita tangani bersama agar pendistribusian air bersih lancar,” janjinya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *