Programkan Budidaya Lele, TPID Wawo dan Monta Kunjungi Kolam Lele Babuju Mandiri

Kota Bima, Kahaba.- Meski gerimis, tidak menyurutkan rombongan TPID Wawo untuk melihat dan belajar langsung terkait budidaya lele kolam pendederan Babuju Mandiri. TPID Wawo yang dinakhodai Wahyudin, hadir bersama Sekdes Maria Utara Suwandi, Sekdes Maria M Al-Ghazali, dan ketua dan anggota BUMDes se-Kecamatan Wawo.

Rangga Babuju saat menerima kedatangan TPID Wawo dan Monta untuk mendalami program Budidaya Lele. Foto: Ist

Bersamaan dengan itu, TPID Monta pun demikian, hadir Ketua TPID monta,  Edy suarjan berserta anggota. Sekdes Tangga, Nur Ilham, Sekdes Monta Gufran serta kelompok budidaya lele yang direncanakan di Kecamatan Monta.

“Kami memiliki potensi air yang cukup melimpah dan SDM yang layak guna budidaya lele diwilayah Monta. Sehingga sangat perlu bagi kami untuk belajar sekaligus memahami persoalan budidaya ini di kolam pendederan lele Babuju Mandiri,” ujar Edy Suarjan, disela-sela kunjungannya, kemarin siang kemarin.

Rombongan On The Job Training (OJT) TPID Monta dan Wawo diterima oleh Ceo Babuju Mandiri, Julhaidin di lokasi kolam lele yang dikembangkannya. Lelaki yang biasa disapa Rangga Babuju yang sekaligus sebagai Tim P2KTD Bidang Kewirausahaan Kabupaten Bima ini mengapresiasi upaya dan pilihan TPID Wawo dan Monta untuk program OJT.

“Saya sarankan TPID se-Kabupaten Bima saat penyusunan program waktu itu untuk lebih banyak mengambil OJT, ketimbang seminar atau talk show wirausaha. Saya pikir tidak ada yang ambil. Ternyata ada 2 TPID yang mengambilnya. Ini menarik dan kontekstual,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Sekdes Tangga dan Sekdes Maria Utara cukup antusias. Menurut mereka Ini luar biasa. Mereka akan menganggarkan kegiatan budidaya lele untuk warga dari Dana Desa yang ada.

“Insyaallah 20 kolam untuk 2 kelompok awal tengah kami rancang,” kata Suwandi.

Sementara kata Nur Ilham, sudah dari tahun lalu merencanakan ini. Dalam waktu dekat akan segera merealisasikan program budidaya lele dan tentu saja akan didampingi oleh Tim P2KTD hingga usaha budidaya ini mandiri.

2 Jam para Peserta OJT dari TPID Wawo dan Monta ini mendalami dan menyerap pengetahuan Budidaya Lele ini. Banyak hal yang harus dipahami dan diketahui lebih detail, khususnya soal Tekhnis.

“Teman-teman dari TPID ini tentu tidak saja menyerap soal Informasi dan pengetahuan tentang Budidaya Lele, yang lebih penting sebenarnya terakit Tekhnis Budidaya dan hal ini akan ditindaklanjuti bersama kelompok Budidaya dilokasi masing-masing,” tambah Rangga.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *