Dorong Pengembangan Pariwisata, Dispar Akan Bentuk Desa Wisata

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kondisi wisata yang tak kalah indah dari daerah lain, juga membuat Kabupaten Bima menjadi salah satu daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi tujuan para wisatawan. Untuk terus mendorong banyaknya tingkat kehadiran para wisatawan, Dinas Pariwisata (Dispar) di tahun 2019 akan membentuk Desa Wisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Dahlan H Muhammad. Foto: Hardi

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima, Dahlan H Muhammad mengatakan, Kabupaten Bima memiliki banyak sekali tempat wisata yang bagus. Mulai dari potensi alamnya yang indah, seperti pantai, pegunungan, hutan yang lebat, dan wisata budaya dan bahkan sejumlah destinati lain yang belum terekspos.

Dari sekian banyaknya destinasi wisata tersebut, maka peran masyarakat juga harus menjadi pilar penting untuk mendorong berkembang dengan baiknya semua lokasi wisata.

“Masyarakat harus terlibat dan ambil bagian untuk memajukan pariwisata di daerah. Karena majunya pariwisata tidak terlepas dari peran masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, tahun 2019 pihaknya menargetkan pengembangan pariwisata yang ada secara bertahap. Itu dilakukan untuk mempromosikan pariwisata yang ada, sehingga memiliki daya tarik dan nilai jual untuk para wisatawan luar.

“Kami kedepannya juga akan membuat desa wisata melalui keunggulan alam dan budaya yang ada di desa tersebut,” katanya.

Selain itu, tahun 2019 akan ada banyak event yang digelar dalam rangka memajukan dan mengespror pariwisata. Seperti Bima By Tour,  Festival Sangiang Api, Festival Teka Tambora,  Kakara di Lariti,  Festival Lewa Mori dan sebagainya.

Ia menjelaskan, dalam pengembangan pariwisata harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Masyarakat diharapkan ikut serta dalam menggali dan meneliti tempat-tempat  yang dinilai cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata.

Dirinya berharap, dari Desa Wisata juga masyarakat membuat objek-objek hasil kreasi yang unik, lucu dan menarik di lokasi-lokasi wisata sehingga membuat pengunjung penasaran untuk melihat keindahan tempat tersebut.

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk membantu mengembangkan ,” tuturnya.

*Kahaba-07

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *