Peringati Hari Gizi Nasional, Dikes dan Puskesmas Bolo Gelar Pengobatan Gratis

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Kesehatan Kabupaten Bima bekerjasama dengan Puskesmas Bolo memberikan pelayanan pengobatan gratis untuk warga Desa Rada Kecamatan Bolo, Kamis (17/1) di desa setempat. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Gizi Nasional ke-59 tingkat Kabupaten Bima yang jatuh pada tanggal 25 Januari tahun 2019 mendatang.

Pengobatan gratis yang digelar Dikes dan Puskesmas Bolo. Foto: Yadien

Kepala Puskesmas Bolo Nurjanah mengatakan, kegiatan tersebut tidak saja hanya manangani persoalan gizi, namun mencakup semua pelayanan lintas program, dengan melibatkan seluruh profesi kesehatan yang ada untuk melayani masyarakat. Kegiatan ini juga sangat strategis untuk melayani semua keluhan dan kebutuhan masyarakat khusus masalah kesehatan.

“Ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilaksanakan oleh OPD Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dan seluruh unsur yang ada termasuk UPT Puskesmas Bolo,” ujarnya.

Sementara yang diberikan layanan kata dia, tidak saja balita, tapi semua umur bahkan lansia. Pihaknya memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan fisik, konseling kesehatan, pemeriksaan laboratorium, khitanan, pemasangan KB, pembuatan jambanisasi dan sebagainya.

“Termasuk pemeriksaan balita dan ibu hamil juga dilakukan,” bebernya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan lebih dari 30 orang personil yang terdiri dari perawat, bidan, programmer dan dokter.

“Dokternya 1 orang saja. Yakni dokter umum,” kata Nurjanah.

Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh unsur yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Terutama kepada tim dan tenaga kesehatan dan para kader kader posyandu di wilayah Desa Rada Kecamatan Bolo yang telah melaksanakan tugasnya dengan maskimal.

“Kader posyandu itu ujung tombak kesehatan di desa,” ujarnya.

Menurutnya, persoalan-persoalan kesehatan harus bisa dideteksi secara dini di lingkungan masyarakat agar bisa segera ditangani dan diatasi.

“Saya harap dengan kegiatan seperti ini, masyarakat mulai sadar bahwa menjaga kesehatan itu sangat penting,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bima juga memberikan bingkisan kepada beberapa perwakilan ibu hamil.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *