Kabar Bima

Komunitas Jao Bima dan DLH Penghijauan di Desa-Desa

316
×

Komunitas Jao Bima dan DLH Penghijauan di Desa-Desa

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Komunitas Jao Bima bekerjasama dengan DLH Kabupaten Bima melakukan penanaman pohon di sejumlah desa.

Komunitas Jao Bima dan DLH Penghijauan di Desa-Desa - Kabar Harian Bima
Komunitas Jao bersama DLH dan warga pose bersama usai penghijauan. Foto: Ist

“Desa pertama yang kami datangi adalah Desa Sambori Kecamatan Lambitu. Di sana kami menanam pohon dan mensoalisasikan tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ujar salah satu anggota Komunitas Jao Bima Abim, Jumat (18/1).

Komunitas Jao Bima dan DLH Penghijauan di Desa-Desa - Kabar Harian Bima

Kata Abim, bentuk kegiatan tersebut merupakan Proklim, dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya erosi akibat rusaknya hutan dan lingkungan di pemukiman warga. Masyarakat diberikan kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Jenis pohon yang ditanam beragam. Diantaranya, pohon duren, rambutan, kelengkeng, mahoni, sengon dan beberapa jenis pohon lainya.

“Kami juga mengajak masyarakat untuk melestarikan dan memajukan destinasi wisata yang ada di tiap desa masing-masing,” katanya.

Ia membeberkan, ada beberapa desa yang akan dijadikan sebagai desa percontohan dalam kegiatan tersebut. Yakni, Desa Lambitu, Desa Parado Kecamatan Parado dan Desa Lanta Kecamatan Lambu. Untuk Desa Lambitu pihaknya sudah mendatangi hari Jumat pekan lalu. Sementara hari Jumat pekan ini pihaknya akan mendatangi Desa Parado, lalu Desa Lanta pada Jumat pekan berikutnya.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini, masyarakat benar-benar sadar terhadap lingkungan dan bisa melestarikan alam sekitarnya dengan baik,” harapnya.

Ia menambahkan, Komunitas Jao merupakan gabungan dari pemuda Kota dan Kabupaten Bima. Setelah menyelesaikan kegiatan di wilayah Kabupaten Bima, komunitas Jao juga akan melaksanakan kegiatan yang sama di beberapa kelurahan yang ada di Kota Bima. Untuk menyukseskan kegiatan di wilayah Kota Bima, pihaknya juga akan membangun kerjasama dengan DLH setempat.

“Ayo jaga kelestarian alam kita, budayakan lingkungan yang bersih dan sehat,” ajaknya.

*Kahaba-05